Manado (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memimpin apel pergeseran pasukan Polda Sulawesi Utara (Sulut) dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Manado, Jumat.

Mendagri berharap Pilkada Serentak Tahun 2020 ini bisa berjalan dengan aman dan lancar.

"Aman dari gangguan konvensional seperti konflik, kekerasan, money politic dan pelanggaran pidana, serta aman dari penyebaran COVID-19," katanya.

Baca juga: Mendagri: COVID-19 dikendalikan berdampak positif ekonomi dan pilkada

Ia berharap jajaran TNI dan Polri bisa bekerja sama sebagai satu tim.

"Karena TNI dan Polri adalah tiang utama kalau berbicara masalah pengamanan," kata Tito Karnavian.
Selain itu juga personel TNI dan Polri diharapkan terus membangun hubungan dengan penyelenggara Pemilu yaitu KPU dan Bawaslu serta unsur pengamanan lainnya yaitu Linmas dan Satpol PP.

"Saya doakan rekan-rekan semua dapat melaksanakan tugas dengan baik, tetap sehat dan dapat kembali ke markas masing-masing dengan misi yang sukses dan badan tetap sehat," katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra, Penjabat Gubernur Sulut Agus Fatoni, jajaran Forkopimda Sulut lainnya, Ketua KPU Ardiles Mewoh dan Ketua Bawaslu SulutHerwyn Malonda, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko serta para pejabat utama Polda Sulut.

Apel diawali dengan Laporan oleh Dansat Brimob Kombes Pol Brury AP. Soekotjo selaku Komandan Apel, dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan oleh Mendagri serta penyerahan APD, dana Serpas dan bekal kesehatan.

Sebanyak 750 personel Polda Sulut digeser untuk membantu melaksanakan pengamanan TPS saat Pemungutan Suara Pilkada Serentak tanggal 9 Desember 2020 nanti, di satuan kewilayahan.

Sebelumnya, seluruh personel yang digeser untuk pengamanan TPS telah dipastikan kesehatan-nya melalui tes cepat COVID-19.

Provinsi Sulut tahun 2020 akan melaksanakan delapan pilkada masing-masing Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon.

Kemuidan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan,PIlkada Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur, Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan serta Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado.

Baca juga: Mendagri ingatkan para pihak ciptakan pilkada aman-bebas COVID-19

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020