Saya ditugasi Presiden Joko Widodo untuk meninjau ke sini
Medan (ANTARA) -
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basuki Hadimuljono meninjau lokasi banjir di Desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin.
 
Didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Basuki berjalan kaki melihat langsung kondisi rumah di Peruhaman De Flamboyan yang masih digenangi air dan lumpur.

Baca juga: Pangdam beri semangat korban banjir Medan-Deli Serdang
 
"Saya ditugasi Presiden Joko Widodo untuk meninjau ke sini, karena dari pemberitaan di sini ada korban jiwa. Bukan hanya di sini, di beberapa daerah juga mengalami banjir," kata Basuki.
 
Ia mengatakan bahwa pemerintah dalam waktu dekat akan melakukan beberapa perbaikan kondisi sungai di antaranya memperkokoh tebing sungai agar tidak jebol.

Baca juga: Kemensos beri santunan dana ahli waris korban banjir Deli Serdang
 
Menurut dia, banjir tersebut disebabkan jebolnya tebing lantaran tidak dikerjakan dengan baik. Tebing sungai tidak dipadatkan sehingga jebol saat arus sungai deras.
 
"Ini kita lihat bahwa tebing sungainya tidak dikerjakan dengan baik dan tidak dipadatkan. Nanti akan kita padatkan," ujarnya.

Baca juga: Enam jenazah korban banjir Deli Serdang sudah ditemukan
 
Kementerian PUPR bersama Pemrov Sumut juga akan melakukan normalisasi sungai dan pemadatan bantaran sungai.
 
"Ini kan tiga sungai ini, Sungai Deli, Sungai Belawan dan Sungai Percut, ini tiga sistem yang selalu melewati Medan. Kita akan normalisasi dan kita sudah punya desainnya," katanya.
 
Sebelumnya, banjir yang merendam ratusan rumah di Perumahan De Flamboyan, Desa Tanjung Selamat sejak Jumat dini hari mengakibatkan enam orang meninggal dunia.

Baca juga: TNI dirikan dapur umum untuk pengungsi banjir di Aceh Timur

Baca juga: Hampir seluruh kecamatan di Aceh Timur terendam banjir

 
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020