Jakarta (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendapat penghargaan dari Asosiasi Jaminan Sosial ASEAN berkat aplikasi Monitoring Kerja Sama Strategis (MONIKS).

Aplikasi MONIKS telah mendatangkan ASSA Recognition Award kategori Continious Improvement Recognition Award dari ASEAN Social Security Association (ASSA) bagi BPJS Kesehatan.

"Penghargaan dari ASSA ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi agar pengelolaan Program JKN-KIS berjalan kian optimal," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris dalam siaran pers BPJS Kesehatan di Jakarta, Rabu.

Aplikasi MONIKS membuat semua kemitraan strategis BPJS Kesehatan dengan institusi, kementerian, dan lembaga nasional maupun internasional dapat dipantau secara langsung.

Kantor Kedeputian Wilayah dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan dapat mencatat perkembangan pelaksanaan kerja sama di aplikasi MONIKS secara kontinyu, mulai dari jumlah kerja sama, kemajuan implementasi kerja sama, hingga peringatan dini berkenaan dengan masa berakhirnya kerja sama.

"Sampai dengan Oktober 2020, BPJS Kesehatan telah menjalin 135 kerja sama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri. Keberadaan aplikasi MONIKS membantu kami memantau hasil kerja sama secara real time dan komprehensif, sehingga sangat berguna dalam menentukan kebijakan," kata Fachmi.

BPJS Kesehatan telah menjalin kemitraan dengan sejumlah lembaga jaminan kesehatan sosial internasional seperti National Health Insurance Service (NHIS) Korea Selatan, Japan International Corporation Agency (JICA), The Health Insurance Review and Assesment Service (HIRA) Korea Selatan, Sosyal Guvenlik Kurumu (SGK) Turki, dan International Social Security Association (ISSA).

BPJS Kesehatan juga merupakan anggota ASSA.

Baca juga:
BPJS Kesehatan ajak rumah sakit kembangkan layanan digital
BPJS Kesehatan beberkan strategi pengumpulan iuran peserta

Pewarta: Katriana
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020