3 calon Bupati Jember salurkan hak pilihnya ditemani keluarga

3 calon Bupati Jember salurkan hak pilihnya ditemani keluarga

Cabup nomor urut 1 yang juga petahana Faida (kiri) menyalurkan hak pilihnya bersama suaminya di TPS 04 Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Rabu (9/12/2020). (ANTARA/ Zumrotun Solichah)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Tiga calon Bupati Jember menyalurkan hak pilihnya dengan ditemani keluarganya di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) yang terdekat di tempat tinggal-nya pada saat pemungutan suara Pilkada Jember, Jawa Timur, Rabu.

Calon bupati nomor urut 1 yang juga petahana Faida bersama suami, ibu, dan anaknya menyalurkan hak suaranya di TPS 04 Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari.

"Kami ini orang rasional ya dan ada survei-survei di hari terakhir dilaksanakan, itu jadi acuan dan kurang lebihnya seperti itu. Saya berharap kehadiran masyarakat tinggi sehingga dapat mewakili suara masyarakat dalam pilkada," kata Faida usai mencoblos di TPS 04 Kelurahan Sumbersari Jember.

Ia berharap penyelenggaraan pilkada dapat berjalan dengan lancar dalam suasana pandemik COVID-19, sehingga keselamatan warga menjadi prioritas utama.

Sedangkan calon wakil bupati nomor urut 1 Dwi Arya Nugraha Oktavianto bersama keluarganya menyalurkan hak pilihnya di di TPS 057 Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari.

Baca juga: 1,8 juta warga Jember tentukan kepala daerah

Baca juga: Menakar efektifitas kampanye debat publik di Pilkada Jember


Sementara itu cabup Jember nomor urut 2 Hendy Siswanto bersama istri, anak, keponakan, dan keluarga besarnya mencoblos di TPS 22 Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, sedangkan cawabup-nya Gus Firjaun bersama keluarganya mencoblos di TPS 016 Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates.

"Hari ini adalah hari yang bersejarah buat saya dan berbeda pada pilkada sebelumnya karena kami tidak mencalonkan. Hari ini sedikit terharu, saya yakin bismilah Jember akan mendapatkan yang terbaik," ujar Hendy.

Ia mengatakan target kemenangan mudah-mudahan yang terbaik dan berharap bisa menang signifikan, sehingga warga Jember mendapatkan kemakmuran.

Sementara calon bupati nomor urut 3 Abdus Salam menyalurkan hak pilihnya di TPS 03 Kelurahan Gebang, Kecamatan Kaliwates, sedangkan cawabup-nya Ifan Ariadna Wijaya tidak bisa menyalurkan hak pilihnya karena kartu tanda penduduk (KTP) nya beralamat di Bekasi, Jakarta.

Abdus Salam menyalurkan hak suaranya ditemani istri dan ibunya di TPS 03 Kelurahan Gebang dengan menggunakan jaket merah dengan gaya calon pemimpin milenial.

"Kami menyalurkan hak pilih untuk membuat sejarah bagi Jember ke depan, agar ada pergantian bupati dan wakil bupati," ucap Abdus Salam usai mencoblos.

Ia berharap Kabupaten Jember bisa berubah dengan pemimpin yang lebih baik lagi, jujur, adil, dan sejahtera untuk masyarakat kabupaten setempat.

Pilkada Jember diikuti tiga pasangan calon, yakni nomor urut 1, petahana Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) dari jalur perseorangan yang mengantongi 146.687 surat dukungan.

Kemudian nomor urut 2, pasangan Hendy Siswanto - Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) yang diusung oleh Partai NasDem, Gerindra, Demokrat, PPP, dan PKS dengan jumlah 28 kursi di DPRD Jember.

Nomor urut 3, pasangan Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) yang diusung oleh PKB, PDI-P, Golkar, Perindo, PAN, dan Partai Berkarya dengan total 22 kursi DPRD Jember.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jember 2020 sebanyak 1.825.386 pemilih dengan rincian sebanyak 902.327 pemilih laki-laki dan 923.059 pemilih perempuan dengan jumlah 4.752 tempat pemungutan suara (TPS).

Baca juga: KPU Jember coret peserta pilkada tidak laporkan sumbangan kampanye

Baca juga: Lima nama "Tuhan" masuk dalam DPT Pilkada Jember
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020