... untuk menarik warga agar mau menggunakan hak pilihnya...
Surabaya (ANTARA) - Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 14 Kelurahan Jeruk, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu, memakai kostum unik Super Hero pada pelaksanaan Pilkada 2020.

Ketua KKPS 14 Kelurahan Jeruk, Dwi Sulistiawan, mengatakan, mereka memilih menggunakan kostum Super Hero agar menjadi perhatian warga sehingga mereka menggunakan hak suaranya di Pilkada Surabaya.

"Ini untuk menarik warga agar mau menggunakan hak pilihnya," kata dia.

Baca juga: TPS unik diharapkan dongkrak partisipasi pemilih di Pilkada Jember

Meski demikian, lanjut dia, di TPS 14 yang berada di kawasan komplek perumahan Citraland ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Warga yang akan mencoblos diwajibkan diukur temperatur badannya dan wajib menggunakan masker serta cuci tangan.

Masuk ke petugas pendaftaran dua petugas dengan menggunakan masker yang berpakain Superman yang dilengkapi pelindung wajah. Setelah itu ada petugas yang memberikan surat suara yang berkostum a'la Romawi serta Batman dan Superman.

Di bagian bilik suara, juga ada petugas berkostum Captain America komplit dengan membawa tameng dan juga pedang. Setelah mencoblos dan memasukkan surat suara, petugas berkostum spiderman siap memberi tinta tetes sebagai tanda sudah menggunakan hak suara.

Baca juga: Nuansa pernikahan warnai pencoblosan di TPS 09

Warga yang usai mencoblos menyempatkan diri berfoto. Selain itu panitia juga menyiapakan lokasi khusus untuk berfoto.

Menurut Sulistiawan, di TPS 14 Kelurahan Jeruk jumlah pemilih yang masuk DPT sebanyak 337. Hingga pukul 10.30 WIB sekitar seratus warga yang sudah menggunakan hak suaranya. "Sampai jam segini sudah dapat DPT 125. Nanti ditutup jam 13.00 WIB," kata dia.

Baca juga: TPS unik Lampung bagikan jamu bagi warga tarik partisipasi masyarakat

Sementara itu, anggota KPUD Surabaya, Subairi, mengatakan, TPS unik ini cukup berpengaruh menarik para pemilih menggunakan haknya di Pilkada Surabaya 2020. "Apalagi foto TPS unik sudah diviralkan. Jadi orang yang belum ke TPS akhirnya ke TPS," katanya.

Warga Surabaya yang bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Surabaya 2020 berjumlah 2.089.027 terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 1.016.395 dan perempuan pemilih sebanyak 1.072.632. Sementara untuk jumlah TPS di Surabaya dalam Pilkada Serentak 2020 ada 5.184 TPS yang tersebar di seluruh kota.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020