Bengkulu (ANTARA) - Calon gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, mengklaim menjadi pemenang pemilihan Pilkada Provinsi Bengkulu 2020 dengan perolehan suara mencapai 43 persen berdasarkan hasil hitung cepat tim pemenangan.

"Dengan angka ini insyaallah bisa dipastikan pasangan Rohidin-Rosjonsyah nomor urut 02 menjadi pemenang Pilgub Bengkulu 2020," kata dia, dalam konferensi pers terkait hasil perhitungan perolehan suara Pilkada Provinsi Bengkulu 2020, di Bengkulu, Rabu.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil survei tim internal mereka, pasangan calon nomor 01, Helmi Hasan-Muslihan Diding Sutrisno, memperoleh suara 30 persen dan paslon 03 Agusrin Maryono Najamudin-Imron Rosyadi memperoleh suara 27 persen.

Baca juga: Bawaslu ajak awak media awasi politik uang jelang hari pencoblosan

Selain itu, kata dia, hasil hitung cepat lembaga survey nasional juga menyatakan pasangan Rohidin-Rosjonsyah memenangkan Pilkada Provinsi Bengkulu 2020, meskipun suara yang masuk hingga pukul 17.00 WIB baru mencapai 80 persen.

Menurut dia, hasil hitung cepat itu menunjukan Rohidin-Rosjonsyah memperoleh suara 39,95 persen, paslon Helmi-Muslihan 33 persen dan Agusrin-Imron 26 persen.

"Selisihnya sekitar di atas enam dampai tujuh persen dengan margin of error dua sekian persen dan tentu ini masih sangat aman," paparnya.

Baca juga: Cawagub Bengkulu meninggal dunia, KPU tunggu keputusan

Kendati demikian, Rohidin meminta tim pemenangan untuk tidak terlalu berlebihan menyikapi hasil hitung cepat itu dan tetap mengawal suara hingga ada pengumuman resmi dari KPUD Provinsi Bengkulu.

Selain itu, Rohidin mengaku telah mendapat banyak ucapan selamat dari berbagai tokoh nasional, termasuk beberapa orang ketua umum partai koalisi pengusung paslon Rohidin-Rosjonsyah di antaranya Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Rohidin juga mengajak kedua kandidat lain sama-sama membangun Provinsi Bengkulu dan menyudahi pertarungan di Pilkada. "Kami membuka diri selebar-lebarnya dan akan proaktif bersilaturahmi mendatangi kedua kandidat lainnya," ucapnya.

Baca juga: Logistik pilkada ke Pulau Enggano diangkut kapal perang

Pewarta: Carminanda
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020