Semuanya harus rampung, MotoGP Mandalika harus kita sukseskan bersama
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah fasilitas penunjang untuk mendukung penyelenggaraan event internasional MotoGP tahun 2021 di Mandalika, Lombok Tengah, NTB siap beroperasi pada Juli 2021.

Fasilitas itu berupa perluasan terminal, pengembangan fasilitas kargo, dan perpanjangan landas pacu atau runway di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid.

Deputi I Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry C. Tetelepta menyatakan ada sejumlah infrastruktur yang tetap harus dikebut.

“Semuanya harus rampung, MotoGP Mandalika harus kita sukseskan bersama,” ujar Febry dalam siaran pers KSP, di Jakarta, Kamis.

Sementara, jalan bypass dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid hingga KEK Mandalika sepanjang 17 Kilometer harus tuntas pada Agustus 2021.

Pemerintah pusat, kata Febry, akan terus mengawasi secara langsung perkembangan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika hingga bisa tepat waktu.

“Pada awal November kemarin kami melakukan kunjungan untuk monitoring dan evaluasi untuk memastikan proyek ini berjalan secara baik,” ujar Febry.

Dalam kunjungan tersebut realisasi pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau sirkuit berjalan di atas target.

Beberapa infrastruktur yang sudah terbangun di kawasan ini adalah jalan ruas barat, Masjid, Kuta Beach Park, pusat pengawasan area pantai atau Balawista, Bazaar Mandalika dan sentra parkir yang akan menjadi etalase UMKM NTB.

Sedangkan untuk pembebasan lahan ditargetkan seleesai dalam waktu dekat.

“KSP terus bekerja dalam memastikan penyelesaian pembebasan lahan, serta memfasilitasi dengan stakeholder terkait untuk membantu proses percepatan penyelesaian tersebut,” ujar Febry.

Febry menambahkan event MotoGP 2021 di Mandalika diharapkan bisa mendongkrak sektor pariwisata setelah COVID-19.

Sebelumnya, saat peresmian Kawasan Mandalika sebagai kawasan destinasi wisata pada Oktober 2017, Presiden Joko Widodo berharap kawasan Mandalika bisa mendongkrak pertumbuhan di daerah tersebut.

Baca juga: PUPR targetkan jalan Bypass BIL-Mandalika rampung sebelum MotoGP 2021
Baca juga: Wamen BUMN-Gubernur NTB keliling Sirkuit Mandalika pakai motor listrik

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020