Perusahaan Korea Selatan kirim bantuan COVID-19 untuk Indonesia

Perusahaan Korea Selatan kirim bantuan COVID-19 untuk Indonesia

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi (kiri) mengamati "diagnostic kit" bantuan dari perusahaan Korea Selatan, Osang Healthcare, di kediamannya di Seoul, Kamis (10/12/2020). ANTARA/HO-KBRI Seoul/am.

Jakarta (ANTARA) - Salah satu perusahaan asal Korea Selatan, Osang Healthcare, memberikan bantuan 200 perangkat diagnosis (diagnostic kit) kepada Indonesia melalui KBRI Seoul.

Bantuan berupa “GeneFinder COVID-19 Plus RealAmp Kit” dan dari 200 alat yang dapat digunakan untuk 20.000 tes itu diterima secara simbolis oleh Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi pada Kamis (10/12), seperti disampaikan lewat keterangan tertulis KBRI Seoul.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Umar menyampaikan apresiasi atas perhatian dan dukungan Osang Healthcare terhadap penanganan COVID-19 di Indonesia. Berbagai unsur baik dari pemerintah, masyarakat, maupun pelaku bisnis Korea Selatan selama ini telah banyak membantu Indonesia dalam melawan pandemi.

Dubes Umar berharap kemitraan erat kedua negara dalam menghadapi pandemi dapat terus berlanjut sekaligus mengajak Osang Healthcareuntuk berinvestasi di Indonesia pada sektor kesehatan.

Baca juga: Rayakan hari kebangsaan, Korsel: Indonesia layaknya saudara kandung
Baca juga: Korsel sebut Indonesia mitra utama penanggulangan COVID-19


Presiden Osang Healthcare Sean Hong berharap bantuan ini dapat mendukung upaya Indonesia dalam melawan COVID-19.

“Bantuan darurat ini kami tujukan untuk membantu Indonesia dalam mendeteksi virus sehingga dapat menekan penyebaran COVID-19,” ujar Hong.

Hong juga menyambut baik ajakan Dubes Umar dan berencana melakukan perluasan bisnis Osang Healthcare di Indonesia dalam jangka panjang, termasuk bersama mitra perusahaan Indonesia, DNR Group.

Korea Selatan adalah mitra strategis khusus Indonesia, dan kedua negara berkomitmen untuk terus berkolaborasi dalam mengatasi pandemi COVID-19.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan dipilihnya Indonesia sebagai salah satu dari tiga negara yang menjadi prioritas Korea Selatan untuk ekspor produk karantina terkait COVID-19.

Baca juga: DPR dukung penguatan kerja sama Indonesia-Korsel
Baca juga: Ketua MPR minta Pemerintah Korsel beri perhatian khusus WNI

Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020