dapat melakukan pemesanan dan pembelian tiket melalui Jaket Bus
Jakarta (ANTARA) - Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, mulai menerapkan sistem transaksi pembelian tiket perjalanan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) secara elektronik menggunakan telepon seluler (ponsel) pintar, Kamis.

"Kami bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah mengembangkan aplikasi bernama 'Jaket Bus atau Jakarta Electronic Ticketing System-Bus," kata Kepala Terminal Pulogebang, Bernad Oktavianus Pasaribu di Jakarta.

Jaket Bus merupakan aplikasi yang menggunakan sistem nontunai, artinya semua pembayaran menggunakan uang elektronik.

Sistem pembayaran tiket dilakukan secara transfer bank atau melalui toko minimarket terdekat.

Proses pemesanan tiket dilakukan menggunakan aplikasi dengan cara scan barkode dari Bank DKI. Sistem tersebut terintegrasi langsung dengan 92 perusahaan otobus (PO) di Terminal Pulogebang.

Baca juga: Puncak arus balik di Terminal Pulogebang diperkirakan Ahad malam

"Aplikasi ini juga disiapkan supaya bisa diunduh bukan hanya di Playstore tapi di App Store juga bisa," katanya.

Peluncuran sistem aplikasi elektronik Jaket Bus dilakukan secara virtual di Terminal Terpadu Pulogebang, Kamis.

Peluncuran itu dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, serta jajaran Sudin Perhubungan Jakarta Timur.

Jaket Bus terintegrasi dengan Jakarta Terminal Integrated Sistem. Sistem berfungsi sebagai manajemen keluar masuk pengguna transportasi dari dan ke Jakarta.

Aplikasi Jaket Bus bertujuan untuk mempermudah pelaku perjalanan dalam memperoleh informasi harga tiket dan jadwal bus secara aktual dan transparan.

Baca juga: Penumpang Terminal Pulogebang meningkat 20 persen

"Harapannya masyarakat yang nantinya akan melakukan perjalanan ke luar kota yang biasa menggunakan bus AKAP, AntarKota AntarProvinsi, dapat melakukan pemesanan dan pembelian tiket melalui Jaket Bus," katanya.

Pada tahap awal, aplikasi ini hanya bisa melayani untuk keberangkatan dari dan luar Jakarta melalui Terminal Pulogebang.

Nantinya, akan dikembangkan bisa untuk seluruh terminal di Jakarta, seperti Terminal Kampung Rambutan dan Kalideres.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020