Aplikasi ini memiliki visibilitas atas harga dan status order yang akan meningkatkan kepercayaan konsumen
Jakarta (ANTARA) - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk meluncurkan aplikasi Krasmart Connect  dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumen melalui aplikasi digital.

"Krasmart Connect membantu konsumen agar dapat memprediksi pesanan apa yang dibutuhkan di kemudian hari agar konsumen dapat lebih akurat dan efisien dalam perencanaan operasional ke depan. Konsumen butuh barang dengan kuantitas dan waktu tertentu, sedangkan Krakatau Steel membutuhkan perencanaan produksi dan manajemen logistik yang lebih pasti sehingga saling melengkapi yang dipermudah dengan aplikasi ini," ujar Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Krakatau Steel bukukan laba operasi 72,67 juta dolar AS di kuartal III

Silmy mengatakan melalui aplikasi Krasmart Connect yang diluncurkan Jumat itu juga dapat memberikan transparansi dan kendali. Aplikasi ini memiliki visibilitas atas harga dan status order yang akan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Krakatau Steel akan menjadi mitra yang proaktif dan responsif ketika konsumen membutuhkannya untuk memastikan bisnis konsumen berjalan dengan lancar.

Transparansi status order melalui fitur production schedulling akan berdampak pada downstream maupun end customer.

Fitur ETA (estimated  time of arrival) untuk pengiriman juga mempermudah konsumen dalam pengaturan logistiknya.

Dengan menggunakan aplikasi Krasmart Connect, order management  system dapat terpantau secara real time oleh konsumen.

Transformasi digital telah dimulai dengan membangun Digital Control Tower (DCT) yang memberikan informasi secara real time untuk mengetahui kondisi di berbagai fungsi termasuk operasi, komersial dan keuangan serta penjualan.

Selain itu, produk digital yang sudah diimplementasi bagi user internal dan eksternal adalah aplikasi berbasis mobile apps & web based, Sales Go yang membantu memudahkan pengecekan aktivitas sales.

Krasmart Connect dikembangkan sesuai dengan kebutuhan konsumen terhadap Krakatau Steel berdasarkan riset yang dilakukan, kemudian dilakukan SMPP (Sorting Most Pain Point) bagi konsumen menjadi MVP (Minimum Viable Product). Beberapa fitur yang ditawarkan Krasmart Connect diharapkan dapat memberikan manfaat di sisi konsumen, diantaranya adalah menjadi mitra pertumbuhan konsumen agar tetap kompetitif di pasar.

Pada pengembangan selanjutnya dirancang untuk dapat melakukan Order placement (penjualan produk baja secara daring) dan after sales service (penanganan keluhan dari konsumen).

"Kami berharap aplikasi ini dapat menjadi sebuah lompatan besar bagi Krakatau Steel dalam pengembangan penjualan produk baja, karena ke depannya transaksi bisnis akan didominasi oleh aplikasi berbasis teknologi digital. Krasmart Connect adalah titik awal Krakatau Steel dalam pengembangan aplikasi e-commerce yang selanjutnya akan dilengkapi dengan fitur transaksi dan pembiayaan sehingga di tahun 2021 nanti Krasmart Connect akan menjadi platform marketplace produk baja di Indonesia," kata Silmy.

Dalam melakukan pembangunan aplikasi digital ini, Krakatau Steel melibatkan PT Krakatau Information Technology, anak usaha Krakatau Steel yang bergerak di bidang teknologi informasi.

Dengan kemampuan dan pengalaman mengimplementasikan beragam digitalisasi bisnis proses di Krakatau Steel Group, PT Krakatau Information Technology juga mengembangkan bisnis ke luar Krakatau Steel Group dengan memberikan solusi Information and Communication Technology terpadu seperti ERP/SAP, Business Solution Application, Business Intelligence, Automation Electrical Instrumentation Control (AEIC), dan Cyber Security.

Baca juga: Krakatau Steel: Industri baja nasional masih memiliki peluang besar
Baca juga: Krakatau Steel ekspor pipa baja Ke Australia

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020