Bawaslu Gunung Kidul sebut satu petugas KPPS terkonfirmasi COVID-19

Bawaslu Gunung Kidul sebut satu petugas KPPS terkonfirmasi COVID-19

Petugas KPPS di salah satu TPS di Kabupaten Gunung Kidul melayani pendaftaran dari pemilih. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Gunung Kidul Rosita mengatakan pihaknya menerima laporan satu petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Gedangsari yang terkonfirmasi COVID-19.

"Berdasarkan laporan yang diterima, petugas KPPS tersebut sebelumnya dinyatakan reaktif rapid test. KPU dan Bawaslu juga sudah mengimbau agar mereka yang reaktif tidak melanjutkan tugasnya di TPS, namun petugas yang bersangkutan memilih tetap bertugas sebagai penjaga tinta," katanya di Gunung Kidul, Jumat.

Ia mengatakan petugas KPPS baru mendapat informasi adanya petugas yang terkonfirmasi pada Rabu (9/12) sekitar 11.00 WIB. Petugas tersebut mendapat informasi bahwa dirinya positif COVID-19.

Baca juga: Bawaslu RI temukan KPPS terpapar COVID-19 hadir di 1.172 TPS
Baca juga: Bawaslu Kabupaten Bandung: 51 petugas terkonfirmasi positif COVID-19
Baca juga: Bawaslu Blitar: Sejumlah pasien COVID-19 tak gunakan haknya


"Begitu mendapat informasi tersebut, kegiatan di TPS langsung dibubarkan," katanya.

Rosita mengatakan proses penelusuran langsung dilakukan begitu informasi tersebut didapat. Penelusuran dilakukan oleh petugas puskesmas setempat. Adapun jumlah pemilih di sana mencapai 300 orang sesuai DPT-nya.

"Semoga dalam kasus ini tidak menyebabkan penyebaran COVID-19 di Gunung Kidul," harapnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunung Kidul Andang Nugroho mengaku belum mengetahui soal itu. Namun ia membenarkan ada petugas KPPS yang reaktif rapid test saat bekerja. Namun petugas itu dipastikan menjalani protokol kesehatan yang ketat. Saat menjalankan tugas, seluruh KPPS menggunakan alat pelindung diri.

"Sejauh ini kami belum menerima laporan terkait petugas KPPS yang terkonfirmasi positif saat bekerja," kata Andang.
Pewarta : Sutarmi
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020