Jakarta (ANTARA) - Calon Gubernur Kalimantan Selatan Denny Indrayana meminta para relawan tetap mengawal perolehan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) setelah perolehan suaranya terus memimpin dalam real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang masih berjalan.

Denny dalam pernyataannya, di Jakarta, Jumat, menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan dan partai yang berjuang bersama untuk membantunya memenangkan pemilihan gubernur (Pilgub) di Kalsel 2020.

Baca juga: Situasi kamtibmas Kalimantan Selatan kondusif saat Pilkada

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Denny Indrayana-Difriadi masih tetap unggul dari pasangan petahana Sahbirin Noor-Muhidin, dalam proses penghitungan real count KPU.

Berdasarkan data yang dikutip dari laman pilkada2020.kpu.go.id, Jumat, 11 Desember 2020, pukul 17.24 WIB, "real count" KPU sudah masuk 44,75 persen.

Dari data tersebut, pasangan calon nomor urut 01 Sahbirin Noor-Muhidin memperoleh 349.153 suara atau 48,4 persen, sementara pasangan calon nomor urut 02 Denny Indrayana-Difriadi, memperoleh 372.250 suara atau 51,6 persen.

Saat data ini dikutip, progres penghitungan suara sudah dilakukan di 4.058 tempat pemungutan suara (TPS) dari 9.069 TPS.

Meski kemenangan sudah terlihat, Denny meminta kepada seluruh relawan untuk tetap mengawal peroleh suara tersebut, dan pengawalan ketat perlu dilakukan hingga KPU pusat dan berdasarkan hasil-KWK di setiap TPS oleh KPU Kalsel.

"Saya berharap agar perhitungan berjalan dengan baik secara 'online' di website KPU maupun secara tabulasi manual berjalan dengan cepat, akurat dan profesional," ujarnya.

Dari hasil penghitungan data dari hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap, pasangan Denny-Difri menang di Tanah Laut dengan perolehan 30.223 suara, Kota Baru 37.266 suara, HSS 42.124, HST 34.397 suara, HSU 33.361 suara.

Selain itu, memang juga atau memperoleh suara cukup tinggi sementara ini di Tabalong dengan 26.880 suara, Tanah Bumbu 25.621 suara, Kota Banjarmasin 23.293 suara, dan Kota Banjarbaru 23.638.

Sementara pasangan petahana pada penghitungan kali ini hanya unggul di empat wilayah saja, yakni Banjar, Barito Kuala, Tapin dan Balangan.

Terkait hasil "real count" sementara ini, Ketua tim Pemenangan Haji Denny Difri (H2D) yang juga merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Kalsel H Abidin merasa bersyukur karena data tersebut sesuai dengan hasil hitung cepat atau "quick count" yang juga mengunggulkan pasangan Denny-Difri.

Menurut dia, hasil hitung cepat sesuai dengan hasil "real count" sehingga menjadi keyakinan tanda-tanda kuat kemenangan Denny-Difri pada Pilkada Kalsel 2020, dan sebagai kemenangan masyarakat yang juga berharap ada gubernur baru di Banua.

"Mudah-mudahan terus bertambah persoleh suaranya hingga 55 persen," ujar Abidin.

Baca juga: Partisipasi pemilih pilkada beberapa TPS di Banjarmasin lampaui target
 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020