Hendy-Gus Firjaun imbau pendukung tak euforia berlebihan

Hendy-Gus Firjaun imbau pendukung tak euforia berlebihan

Pasangan cabup - cawabup Jember Hendy Siswanto (kiri) dan M. Balya Firjaun Barlaman yang mengimbau pendukungnya tidak melakukan euforia berlebihan. ANTARA/HO-Tim Hendy-Gus Firjaun.

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember Hendy Siswanto - M. Balya Firjaun Barlaman yang dikabarkan unggul dalam versi hitung cepat mengimbau pendukungnya tidak melakukan euforia berlebihan dan menimbulkan kerumunan karena meningkatnya kasus COVID-19 di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kami imbau para pendukung dan tim sukses tidak perlu melakukan konvoi dan kegiatan euforia untuk merayakan kemenangan karena dapat menimbulkan kerumunan yang berpotensi penyebaran COVID-19," kata Hendy dalam video siaran pers yang diterima ANTARA di Jember, Sabtu malam.

Ia meminta para pendukungnya dan relawan tidak menggelar kegiatan euforia berlebihan yang melibatkan banyak orang karena pandemik COVID-19 Jember, sehingga diimbau mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Anggota DPRD Jember cukur gundul setelah petahana kalah dalam pilkada

Baca juga: Lonjakan kasus COVID-19 Jember terus meningkat usai pilkada


"Saya imbau para pendukung, simpatisan, dan relawan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk memutus rantai penyebaran virus Corona," katanya.

Sementara cawabupnya, M. Balya Firjaun Barlaman meminta para pendukung pasangan Hendy-Gus Firjaun untuk tetap berada di rumah dan tidak melakukan euforia yang berlebihan.

"Para pendukung saya imbau tetap di rumah dan perbanyak dzikir, sehingga tidak perlu melakukan hal-hal perayaan yang tidak perlu," tutur-nya.

Pasangan Hendy-Gus Firjaun mengaku masih akan menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan penyelenggara pilkada secara berjenjang hingga tingkat kabupaten yang akan digelar pada 15 Desember 2020.

Sebelumnya hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia Denny JA menempatkan Hendy-Firjaun sebagai pemenang dengan keunggulan jumlah suara telak yakni memperoleh dukungan 47,95 persen, sedangkan calon bupati petahana Faida yang berpasangan dengan Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) mendapat dukungan sebanyak 30,41 persen dan pasangan Abdus Salam – Ifan Ariadna (Salam - Ifan) mendapat suara 21,64 persen.

Sementara data Sirekap KPU Jember pada pukul Sabtu malam hingga pukul 23.41 WIB tercatat data yang masuk sebanyak 2.454 TPS dari 4.752 TPS (51,64 persen) dengan perolehan hasil suara pasangan calon nomor urut 1, Faida-Vian sebesar 32,3 persen.

Kemudian pasangan calon nomor urut 2 yakni Hendy - Gus Firjaun menadapat suara 45,9 persen, dan pasangan nomor urut 3 yakni Salam - Ifan mendapat suara 21,8 persen.

Baca juga: Hendy ajak Faida dan Salam bersatu bangun Jember

Baca juga: Cabup petahana Faida akui kalah di Pilkada Jember
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020