Ternate (ANTARA) - Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba menyampaikan harapannya kepada Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA untuk terus bersinergi dalam menyebarkan informasi secara berimbang kepada masyarakat.

"Harapan saya, LKBN ANTARA di usia ke-83 tahun ini terus berbenah dan selalui menjadi mitra dalam menyampaikan informasi ke publik, terutama dengan perkembangan pembangunan dan pemerintahan di Malut," demikian disampaikan Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba melalui Kepala Biro Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik (PPKP), Rahwan Suamba di Ternate, Minggu.

Oleh karena itu, momentum hari ulang tahun ANTARA yang jatuh pada 13 Desember 2020 ini, Pemprov Malut akan menjadikan wartawan Kantor Berita ANTARA Malut sebagai mitra strategis dalam menyampaikan informasi ke publik.

Sehingga, kata Rahwan, LKBN ANTARA diharapkan terus bersinergi dengan pemangku kepentingan guna terus menyebarkan informasi-informasi positif melalui pemberitaannya berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Pakar: ANTARA harus dapat menangkap peluang pasar

Selain itu, tidak hanya sekedar memberikan informasi ke publik, tetapi harapannya sebagai media tertua di Indonesia ini, ANTARA terus mengedepankan pendidikan jurnalis secara berjenjang kepada wartawan, agar dalam bertugas selalu mengutamakan Kode Etik Jurnalis (KEK).

Apalagi, menjamurnya media online di era digital sangat sulit dikontrol, maka ANTARA harus hadir dalam memberikan edukasi dan pengembangan jurnalis yang

Dirinya mengakui, ANTARA sebagai media nasional, maka Pemprov Malut sangat membutuhkan penyebaran informasi yang akurat.

Olehnya itu, LKBN ANTARA yang lahir sebelum kemerdekaan karena melihat ketimpangan informasi dari Hindia Belanda, sehingga Kantor Berita nasional ini didirikan sebagai penyambungan kebenaran informasi dan bagian dari harapan rakyat dan masyarakat Indonesia.

Makanya, dalam usianya ke-83 tahun ini, dirinya berharap agar Antara selalu eksis menyebarkan informasi ke public dengan beragam inovasi yang kreatif dan berimbang.

Sebelumnya, LKBN Antara, Biro Maluku-Maluku Utara (Malut) dalam menyambut HUT LKBN Antara ke-83, memberikan bantuan pendidikan melalui gawai kepada siswa berprestasi agar dapat digunakan untuk mendukung aktivitas belajar dalam kondisi pandemik COVID-19.

Kepala Biro ANTARA Maluku-Malut, Jhon Nikita Sahusilawane ketika dihubungi sebelumnya berharap bantuan gawai ini dapat bermanfaat dalam menunjang fasilitas pendidikan yang menerima.

Baca juga: Polda Kalbar apresiasi ANTARA selalu menyejukkan namun tetap objektif

Menurut dia, Perum LKBN ANTARA dalam momentum Dirgahayu ke 83 yang jatuh pada 13 Desember 2020 hari ini, merasa terpanggil untuk ikut membantu meringankan beban dari wartawan media lokal yang terdampak pandemi COVID-19, khususnya dalam hal pendidikan anak mereka yang berprestasi di sekolah maupun perguruan tinggi.

Olehnya itu, bantuan yang disalurkan kepada siswa berprestasi lebih diutamakan bagi anak dari orang tua bekerja sebagai jurnalis, karena kondisi pandemi COVID-19 sangat berdampak pada kebutuhan ekonomi keluarga.

Bantuan yang disalurkan untuk siswa berprestasi di seluruh Indonesia, termasuk Malut ini diprioritaskan bagi anak-anak wartawan yang dianggap berprestasi baik itu di sekolah maupun kemampuan dan kreatifitas dimilikinya.

Untuk Malut sendiri, bantuan berupa gawai merk Samsung diberikan kepada Yuniarti Adji Siradju, anak dari Pempred Fajar Malut, Sahril Siradju.

Sahril Siradju sendiri merupakan salah satu wartawan senior dan menduduki jabatan sebagai Pempred di harian Fajar Malut, akan tetapi kondisi kesehatannya terganggu, sehingga mengajukan diri untuk nonaktif.

Menurut Sahril, bantuan yang diberikan ke anak bungsunya merupakan bagian perhatian kantor Berita Antara kepada jurnalis yang membutuhkan bantuan dalam suasana pandemi COVID-19.

Baca juga: Kapolda Papua: ANTARA jadi barometer dan sumber berita terpercaya

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020