Tabanan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan, Bali, mencatat tingkat partisipasi Pilkada 2020 mencapai 80,07 persen meski di tengah pandemi COVID-19, atau meningkat ketimbang capaian Pilkada 2015 sebesar 77 persen.

"Kami mencatat ada kenaikan jumlah partisipasi pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan sebesar 80,07 persen," kata Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa di Tabanan, Selasa.

Menurut dia, meningkatnya jumlah partisipasi pemilih pada tahun ini tidak terlepas dari keberhasilan dalam melakukan sosialisasi pilkada serentak melalui media sosial.

Lewat pengumunan di medsos, pihaknya meyakinkan peserta untuk datang ke tempat pemungutan suara karena TPS sudah aman dengan dilengkapi oleh alat pelindung diri (APD), baik petugas penyelengara maupun pemilih.

Baca juga: Tingkat partisipasi Pilkada Pekalongan capai 79,35 persen

Untuk perhelatan pilkada di Kabupaten Tabanan, pihaknya tidak menerima laporan mengenai adanya pelanggaran protokol kesehatan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan, 9 Desember lalu.

Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan diikuti pasangan Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan yang diusung oleh PDIP dan Gerindra.

Lawannya, pasangan Anak Agung Ngurah Panji Astika-Dewa Nyoman Budiasa yang diusung oleh Partai Golkar, Hanura, dan Demokrat.

Baca juga: Partisipasi pemilih di Pilkada Mataram tidak capai target

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Pande Yudha
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020