BPBD Sumsel siap bantu distribusi vaksin

BPBD Sumsel siap bantu distribusi vaksin

Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Sumsel Elbaroma. ANTARA/Aziz Munajar

Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan selaku bagian Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan siap mendistribusikan vaksin ke berbagai daerah.

"Kami masih menunggu arahan terkait vaksin, tapi yang jelas kami siap jadi yang terdepan bersama dinas kesehatan, mungkin juga ada satgas khususnya nanti," kata Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Sumsel Elbaroma di Palembang, Rabu.

Baca juga: Persi DIY minta masyarakat tidak khawatir keamanan vaksin COVID-19

Menurut dia distribusi vaksin Sinovac di Sumsel diperkirakan mulai pada Januari 2021 dan pihaknya akan menyiapkan personel untuk melancarkan distribusi bersama institusi lain dalam Satgas penanganan COVID-19.

Selagi masih menunggu petunjuk terkait distribusi vaksin, pihaknya juga mulai menyosialisasikan vaksinasi kepada masyarakat agar tingkat partisipasi vaksinasi sesuai harapan dan dapat menekan penyebaran kasus COVID-19.

Baca juga: Vaksin bisa jadi angin segar bagi sektor pariwisata 2021

Sementara saat ini Satgas Sumsel tengah meningkatkan pengawasan terhadap protokol kesehatan di ruang-ruang publik terutama di Kota Palembang karena wilayah tersebut kembali ke zona merah COVID-19.

"Sekarang arah pengawasannya lebih kepenindakan, karena sudah beberapa bulan diimbau tapi masih ada saja yang membandel," kata Elbaroma menambahkan.

Baca juga: Pemerintah realokasi anggaran untuk sediakan vaksin COVID-19 gratis

Namun penindakan yang diberikan tetap humanis seperti kerja sosial maupun denda, sejauh ini belum ada sanksi yang mengarah ke pidana.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak serta menghindari potensi kerumunan terutama saat libur akhir tahun.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#pakaimasker
#jagajarak
Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020