Jakarta (ANTARA) - Jaringan hotel OYO Indonesia mengumumkan kerja sama strategis dengan layanan telemedis Alodokter untuk menghadirkan layanan kesehatan berbasis digital bagi para tamu di seluruh hotel OYO.

Menurut Country Sales and Marketing Head OYO Indonesia, Andreas Agung Hendrawan, langkah ini dilakukan sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus menekan angka penularan COVID-19, terutama menyambut libur panjang.

"Kerja sama dengan Alodokter ini merupakan salah satu upaya kami dalam menjamin keamanan serta kesehatan mereka selama berada dan menginap di hotel OYO," kata Andreas melalui keterangannya, Kamis.

Baca juga: OYO Hotels mulai rambah sektor F&B lewat Kopi Cinta

"Kami berharap, kerjasama ini dapat memperkuat protokol kesehatan di hotel OYO sekaligus membantu para tamu untuk mendapatkan akses layanan kesehatan secara prioritas dari Alodokter dan tetap dapat menjaga jarak karena dapat diakses secara daring melalui smartphone," imbuhnya.

Melalui kerja sama ini, di setiap hotel OYO akan terdapat kontak darurat berupa QR Code yang dapat digunakan tamu untuk berkonsultasi dengan tenaga medis dari Alodokter secara daring melalui smartphone masing-masing.

Jika dibutuhkan penanganan lebih lanjut, Alodokter akan segera menghubungkan tamu tersebut ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Akses layanan kesehatan tersebut akan didapatkan oleh para tamu hotel OYO secara gratis tanpa dipungut biaya. Selain itu, kerja sama ini juga memungkinkan para tamu untuk mendapatkan akses layanan kesehatan ke tenaga medis di ekosistem Alodokter secara prioritas.

Pada tahap awal kerja sama ini, layanan Alodokter akan dapat dinikmati oleh tamu-tamu hotel yang dikelola langsung oleh OYO di wilayah Jabodetabek, dan akan terus diperluas pada tahap-tahap berikutnya.

Sementara itu, Suci Arumsari selaku Presiden Direktur dari Alodokter mengatakan pihaknya menyambut dengan baik kerja sama dengan OYO Indonesia untuk memberikan akses layanan kesehatan berbasis digital yang cepat dan mudah.

"Kerja sama ini sejalan dengan fokus kami untuk terus memperluas akses layanan kesehatan melalui teknologi dan kami optimis bahwa, melalui inovasi layanan kesehatan yang saat ini dapat dinikmati di industri hospitality ini, bersama kami dapat terus memberikan layanan kesehatan ke masyarakat luas," kata Suci.

OYO Indonesia sebelumnya juga berperan aktif dalam mendukung pemerintah menangani pandemi COVID-19 melalui berbagai inisiatif, di antaranya mengalokasikan salah satu hotelnya sebagai tempat tinggal bagi para tenaga medis RSPAD Gatot Soebroto, hingga kampanye "Sanitized Stay" dan contactless check in.

Baca juga: OYO kerjasama dengan OVO dan GoPay untuk "booking" dan "refund"

Baca juga: Fase normal baru, OYO luncurkan program kualifikasi "Sanitized Stay"

Baca juga: OYO kembangkan jaringan hotel di kawasan Danau Toba

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020