Rekapitulasi KPU menangkan Sugiri-Lisdyarita di Pilkada Ponorogo

Rekapitulasi KPU menangkan Sugiri-Lisdyarita di Pilkada Ponorogo

Ilustrasi - Seorang pemilih memasukkan surat suara ke kotak suara di sebuah TPS yang dihiasi barongan Reog Ponorogo saat Pilkada di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (9/12/2020). Pilkada Kabupaten Ponorogo diikuti dua pasangan calon bupati-wakil bupati, yaitu Sugiri Sancoko-Lisdyarita dan Ipong Musclissoni-Bambang Tri Wahono dengan jumlah pemilih yang terdaftar di KPU setempat 759.045 orang. ANTARA/Siswowidodo/mas.

Ponorogo (ANTARA) - Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo memenangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1 Sugiri Sancoko- Lisdyarita dalam Pilkada Ponorogo 2020 dengan perolehan suara 61,7 persen.

"Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara digelar Selasa (15/12). Diperoleh hasil pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1 Sugiri Sancoko- Lisdyarita meraup sebanyak 352.047 suara atau 61,7 persen dan pasangan nomor urut 2 Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono mendapatkan 218.073 suara atau 38,3 persen," ujar Ketua KPU Ponorogo Munajat di Ponorogo, Kamis.

Menurut dia, dengan raihan suara sebesar 61,7 persen, pasangan cabup dan cawabup Sugiri-Lisdarita unggul dari pasangan petahana.

Adapun tahapan pilkada berikutnya, KPU Ponorogo masih menunggu Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menerbitkan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK).

Baca juga: Sugiri-Lisdyarita klaim menang atas petahana di Pilkada Ponorogo

Baca juga: PSI konsolidasi pemenangan Pilkada Ponorogo


"Setelah penetapan perolehan suara, kita masih menunggu 3 kali 24 jam ada tidaknya surat gugatan atau surat sengketa ke MK. Setelah itu nanti kita proses ada surat MK terkait BRPK yang disampaikan ke KPU RI dan diteruskan ke KPU Ponorogo sehingga kita bisa menetapkan paslon terpilih di Pilkada Ponorogo 2020," tutur-nya.

Lebih lanjut Munajat menjelaskan tingkat partisipasi warga Ponorogo dalam menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada 2020 tanggal 9 Desember lalu mencapai 77,2 persen atau sebanyak 587.609 orang dari DPT sebanyak 759.045 orang.

Jumlah partisipasi tersebut lebih tinggi dari Pilkada 2015 yang mencapai sekitar 74 persen. Hal itu tak lepas dari kegiatan sosialisasi yang gencar dilakukan KPU setempat selama proses tahapan.

"Alhamdulillah pemilih tidak ragu untuk datang ke TPS untuk menyuarakan hak pilihnya, meski di masa pandemi," ujar Munajat.

Pilkada Ponorogo 2020 diikuti oleh dua pasangan calon, yakni pasangan calon nomor urut 1 Sugiri Sancoko- Lisdyarita diusung oleh PDIP, PAN, PPP, dan Partai Hanura dengan jumlah sembilan kursi DPRD Ponorogo.

Sedangkan pasangan calon nomor 2 petahana Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono diusung Partai Nasdem, PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Golkar, dan PKS dengan kekuatan 36 kursi legislatif.
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020