Polres Sukabumi Kota sidak persediaan pangan jelang Tahun Baru 2021

Polres Sukabumi Kota sidak persediaan pangan jelang Tahun Baru 2021

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni saat melakukan sidak persediaan pangan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 di Pasar Pelita Kota Sukabumi, Jabar, Sabtu (19-12-2020). ANTARA/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polres Sukabumi Kota, Jawa Barat, melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional di daerah ini untuk mengawasi persediaan pangan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

"Dari hasil pengawasan persediaan pangan, mencukupi. Namun, ada beberapa komoditas yang harganya naik dan juga turun. Meskipun fluktuasi, harga masih dalam keadaan wajar," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni yang memimpin langsung sidak di pasar tradisional, Sabtu.

Dari pantauan di lokasi, Sumarni bersama jajarannya langsung mendatangi satu per satu lapak dan kios pedagang di Pasar Pelita Kota Sukabumi sekaligus memeriksa kondisi barang, khususnya pangan, antisipasi ada bahan makanan atau minuman yang mengangdung bahan kimia berbahaya.

Setelah memeriksa distribusi, persediaan, dan harga kebutuhan pokok masyarakat, dia bersama jajarannya melanjutkan sidaknya ke Pasar Sukaraja, Kabupaten Sukabumi juga untuk melakukan hal yang sama.

Baca juga: Bulog Sultra siapkan 3,5 ton stok daging jelang Natal-Tahun Baru

Sidak yang dilakukannya tersebut merupakan fungsi Satgas Pangan untuk memastikan tidak terjadi kelangkaan pangan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, khususnya menjelang liburan atau perayaan tersebut.

"Biasanya mendekati perayaan hari besar keagamaan dan libur nasional permintaan akan pangan meningkat. Maka dari itu, kami memastikan distribusi barang ke pasar lancar dan persediaan mencukupi serta memantau seberapa pengaruh hari rata terhadap fluktuasi harga," kata Sumarni.

Jika ada oknum pedagang atau distributor kebutuhan pokok yang nakal, seperti melakukan penimbunan, pihaknya akan menindak tegas sesuai dengan peraturan.

Akan tetapi, hingga sekarang pihaknya belum menemukan adanya kecurangan oleh oknum pedagang maupun distributor.

Ia mengatakan bahwa hal yang serupa juga akan kembali dilakukan bersama unsur Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) Sukabumi untuk antisipasi terjadinya kelangkaan pangan dan lonjakan harga yang signifikan menjelang dan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Di sisi lain, dia pun mengingatkan pedagang maupun masyarakat yang sedang berbelanja untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan kebersihan diri.

Baca juga: Stok elpiji di Lampung aman jelang Natal dan Tahun Baru
Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020