Surabaya (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengajak pemerintah provinsi di Tanah Air tak berhenti melakukan berbagai inovasi untuk memudahkan masyarakat mendapat pelayanan terbaik.

"Daerah-daerah lain harus terpacu untuk lebih giat melakukan inovasi dengan melakukan terobosan yang dapat memudahkan masyarakat menuntaskan berbagai keperluan," ujarnya di sela kunjungan kerjanya di Surabaya, Senin.

Pada kesempatan itu, ia mengucapkan selamat kepada Provinsi Banten yang meraih penghargaan sebagai Provinsi Terinovatif pada ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 dari Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga: Ketua DPD RI berpesan lima hal ke Unesa cetak SDM unggul
Baca juga: Ketua DPD RI singgung peran tokoh Sumbar pertahankan kemerdekaan
Baca juga: Ketua DPD minta atlet masuk prioritas vaksin COVID-19 setelah nakes


Mantan ketua umum KADIN Jatim itu menilai penghargaan tersebut bisa membuat Banten semakin berinovasi untuk menyejahterakan warganya.

Salah satu terobosan Pemprov Banten yang inovatif adalah Sistem Layanan Perizinan Online (Sipeka) yang ada pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayananan Satu Pintu (DPMPTSP).

"Daerah lain harus terpacu agar memudahkan masyarakat menuntaskan berbagai keperluan seperti pelayanan informasi, perizinan, pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan juga layanan pengaduan melalui platform digital," ucapnya.

Selain kepada Banten, Kemendagri juga memberikan predikat "sangat inovatif" kepada 195 pemerintah daerah berdasarkan indeks inovasi daerah.

"Ini menandakan semakin banyaknya inovasi yang dibuat. DPD memberi dukungan dan terus mendorong agar pemda terus melakukan perbaikan pelayanan kepada masyarakat melalui inovasi-inovasi tersebut," kata LaNyalla.

Senator asal dapil Jatim itu juga mengingatkan agar inisiatif daerah selaras dengan garis kebijakan pemerintah pusat sehingga kepala daerah harus pintar melakukan harmonisasi seperti disampaikan Mendagri Tito Karnavian.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020