Jakarta (ANTARA) - Manchester United yakin mereka akan diizinkan untuk menyelesaikan transfer pemain sayap remaja Atalanta Amad Diallo senilai 19 juta poundsterling (sekitar Rp362 miliar) pada awal Januari, menurut laporan BBC, Selasa.

Brexit membuat sepak bola Inggris mengikuti aturan baru dalam mendatangkan pemain luar negeri, yang mulai diberlakukan dari 31 Desember.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), Liga Premier dan Liga Sepak Bola Inggris (EFL) telah mengungkapkan persyaratan masuk yang direvisi untuk pemain luar negeri yang akan mulai berlaku setelah Brexit.

Baca juga: Solskjaer belum mau bicara peluang juara MU selepas hantam Leeds 6-2

Perginya Kerajaan Inggris (UK) dari Uni Eropa (UE) pada 31 Desember 2020 akan mengakhiri kebebasan bergerak antara negara-negara UE dan Inggris, sementara membatasi hak individu dari negara anggota untuk bekerja di Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Dengan begitu, FA diminta untuk mengajukan proposal kepada pemerintah tentang bagaimana mereka dapat mengatur pergerakan pemain dari luar negeri.

Klub sekarang harus mendapatkan Pengesahan Badan Pengatur (GBE) untuk mengontrak pemain dari UE, yang akan diberikan berdasarkan tiga kriteria utama: Penampilan senior dan pemuda internasional; kualitas klub penjual, berdasarkan liga tempat mereka berada, posisi liga dan perkembangan dalam kompetisi kontinental; penampilan klub, berdasarkan menit liga domestik dan kompetisi kontinental.

Perjanjian GBE tersebut telah disetujui oleh FA dan Departemen Dalam Negeri.

Baca juga: MU sodok tiga besar klasemen selepas menang telak 6-2 atas Leeds

United sendiri sudah menyetujui kesepakatan untuk menandatangani pemain Pantai Gading berusia 18 tahun tersebut pada Oktober.

Namun, mereka mengizinkannya untuk tetap bermain dengan tim Serie A tersebut selama paruh pertama musim ini.

Karena Diallo sudah memiliki paspor Italia, United merasa itu akan membantunya melalui proses transfernya bulan ini.

Diallo telah menjadi pemain reguler di bangku cadangan untuk Atalanta, tetapi baru tampil dua kali musim ini.

Ia akan menjalani pertandingan terakhirnya untuk Atalanta saat melawan Bologna dalam pertandingan Serie A pada Kamis dini hari WIB.

Baca juga: Manchester United akan sodorkan kontrak baru untuk Marcus Rashford
Baca juga: MU mesti perbaiki statistik kandang jika ingin juara liga

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020