TNI bantu angkut warga pulkam Natal ke Wamena dengan pesawat Hercules

TNI bantu angkut warga pulkam Natal ke Wamena dengan pesawat Hercules

Dan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi. (ANTARA/HO/pihak ketiga)

Jayapura (ANTARA) - TNI membantu masyarakat yang ingin pulang kampung (pulkam) ke Wamena dalam rangka merayakan Natal dengan menyediakan satu pesawat Hercules.
 
"Memang benar saat ini satu unit Hercules TNI-AU dikerahkan untuk mengangkut masyarakat yang ingin merayakan Natal di Wamena," kata Komanda Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi kepada Antara di Jayapura, Rabu.
 
Dikatakan, bantuan itu berawal permintaan dari Ketua Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua Pdt Lipius Binilux ke Panglima TNI.
Permintaan itu kemudian direspon dan mulai Rabu (23/12) sudah mengangkut masyarakat yang ingin mudik untuk merayakan Natal bersama keluarganya secara gratis.
 
Karena keterbatasan jumlah yang diangkut maka hanya mereka yang mendapat rekomendasi dari FKUB yang bisa dibantu dan tetap harus mengikuti protokol kesehatan yakni melengkapi diri dengan surat keterangan bebas COVID-19.
 
"Hercules yang disiagakan untuk mengangkut masyarakat adalah C 130 dan dijadwalkan hingga Kamis (24/12). Seluruhnya dijadwalkan enam kali penerbangan Jayapura-Wamena pulang pergi," jelas Marsma TNI Budhi.
 
Ketua FKUB Papua Pdt. Lipius Binilux secara terpisah mengapresiasi bantuan yang diberikan untuk masyarakat sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dengan sukacita bersama keluarga.
 
"Saya ucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas bantuan tersebut karena sudah meringankan beban masyarakat yang ingin Natal bersama keluarga baik yang dari Jayapura-Wamena maupun sebaliknya Wamena-Jayapura, " kata Pdt. Lipius Binilux.
Pewarta : Evarukdijati
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020