saya berharap itu bisa diperbaiki, terutama data bansos yang ada di Indonesia
Surabaya (ANTARA) - Putra sulung Menteri Sosial Tri Rismaharini, Fuad Benardi berharap ibunya bisa memperbaiki pengelolaan bantuan sosial (bansos) di Kementerian Sosial (Kemensos) yang akhir-akhir ini dilanda kasus korupsi.

"Setelah dilantik, saya berharap itu bisa diperbaiki, terutama data bansos yang ada di Indonesia. Karena saya melihat penerima bantuan Kemensos itu banyak yang tidak tepat sasaran. Banyak warga yang menerima malah tidak mendapat bansos, dan ada juga warga yang sebaliknya," kata Fuad Benardi kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Baca juga: Mensos Risma ingin resmikan Jembatan Joyoboyo Surabaya

Fuad yang saat ini menjabat Ketua Karang Taruna Kota Surabaya ini memberikan saran pada Kemensosl, agar data yang diambil oleh Kemensos bisa melalui data dari dinas sosial dari kota maupun kabupaten.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menyarankan ke depan data bansos diambil dari dinsos kota/kabupaten karena bagaimana pun dinsos yang lebih mengetahui.

Baca juga: Mensos akan gandeng perguruan tinggi evaluasi DTKS

"Rekomendasi kesejahteraan warga yang sebetulnya baik, perlu ditambahkan dan diutamakan warga yang terdampak COVID-19 dan memang awalnya mereka tidak mendapatkan bantuan, sebelum terdampak," katanya.

Fuad menambahkan untuk penanganan COVID-19 harus ada sinergi dari kementerian yang ada sehingga tertata, terutama pembagian dari vaksin lebih rata.

Baca juga: Mensos Risma terapkan pola-pola pemberdayaan pada masyarakat

Selain itu, Fuad juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah memberi kepercayaan kepada ibunya menjadi Mensos.

"Amanah ini benar-benar berat karena di masa-masa ini merupakan kementerian yang menjadi garda terdepan terhadap penanganan sosial di Indonesia, di mana banyak warga Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19, yang harus dibantu secara maksimal," ujarnya.

Selain itu, Fuad juga mengucapkan terima kasih pada warga Kota Surabaya yang selama 10 tahun mempercayakan Risma untuk memimpin Kota Pahlawan.

Baca juga: Tri Rismaharini: Pesan presiden Bansos 2020 harus kelar 100 persen

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020