Jakarta (ANTARA) - Natal telah tiba! Pandemi yang memaksa kita merayakan di rumah bisa menjadi kembali ceria dengan lagu-lagu yang khas dengan suasana libur Natal kali ini.

Sejumlah lagu klasik dan ikonis seperti "All I Want For Christmas Is You" dari Mariah Carey masih menjadi Ratu Natal yang tak tergantikan. Mengacu pada data Spotify, lagu tersebut muncul di lebih dari setengah dari semua daftar putar (playlist) Natal dan liburan.

Namun, lagu dari penyanyi yang lebih modern seperti Michael Bublé dan Ariana Grande juga menjadi pilihan pendengar saat ini.

Pada kuartal ketiga tahun 2020, platform streaming musik online Spotify memiliki 286 juta pengguna aktif bulanan. Para peneliti dari konsultan berbasis di Belanda Verdonck, Klooster & Associates (VKA) telah mengkurasi 10 lagu terpopuler di masa libur Natal kali ini.

Baca juga: Album Beyonce berjaya di libur Natal

Baca juga: Menikmati liburan Natal dan Tahun Baru di tengah pandemi COVID-19

Berikut daftar 10 lagu Natal terpopuler (daftar putar terbanyak)

"All I Want for Christmas is You" – Mariah Carey (43.2 persen)
"It’s the Most Wonderful Time of the Year" – Andy Williams (27.8 persen)
"It’s Beginning to Look a Lot like Christmas" – Michael Bublé (26.1 persen)
"Happy Xmas (War Is Over)" –John Lennon (23.9 persen)
"Santa Tell Me" – Ariana Grande (23.2 persen)
"Underneath the Tree" – Kelly Clarkson (20.7 persen)
"Blue Christmas" – Elvis Presley (20.1 persen)
"Christmas (Baby Please Come Home)" – Mariah Carey (17.4 persen)
"Little Saint Nick" – The Beach Boys (17.2 persen)
"Holly Jolly Christmas" – Michael Bublé (16.7 persen)

Ditulis oleh Mariah Carey dan Walter Afanasieff, "All I Want for Christmas is You" pada tahun 1994 awalnya menghabiskan tiga minggu di nomor dua di tangga lagu Inggris, tepat di bawah East 17 melalui "Stay Another Day".

Namun, kini lagu Carey menjadi salah satu lagu terpopuler dari masa ke masa di saat momen liburan Natal seperti tahun ini.

Selanjutnya, versi original Andy Williams dari "It's the Most Wonderful Time of the Year" (1963) menunjukkan bahwa banyak pendengar Spotify masih menyukai tembang lawas, meskipun itu ditutupi oleh sejumlah lagu populer lainnya.

Michael Bublé melalui "It's Beginning to Look a Lot like Christmas" dan "Holly Jolly Christmas" masih berhasil masuk ke daftar lagu terpopuler.

Campuran selera lama dan baru pendengar Spotify juga tercermin dari artis yang mereka sukai secara langsung.

Menurut penelitian VKA, meski Carey dan Bublé masih berada di posisi teratas, dan Ariana Grande bergabung di urutan ke-10, sebagian besar artis top streaming Natal berasal dari masa lalu.

Sebut saja Brenda Lee, Frank Sinatra, Bing Crosby, Dean Martin, dan Nat King Cole masih menjadi musisi favorit bagi banyak pendengar yang ingin merasakan semangat dan nuansa Natal.

Berikut adalah 10 artis paling populer untuk lagu Natal. Mariah Carey (56,9 persen), Michael Bublé (51,1 persen), Wham! (45,6 persen), Brenda Lee (44,5 persen), dan Frank Sinatra (44,1 persen).

Lebih lanjut, Bing Crosby (42,3 persen), Andy Williams (42 persen), Dean Martin (40,3 persen), Nat King Cole (36,9 persen) dan Ariana Grande (36,7 persen).

Baca juga: Lagu Natal Mariah Carey puncaki Billboard Hot 100, Post Malone kedua

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020