Bandarlampung (ANTARA) - Doa peringatan wafatnya atau haul ke-11 KH Abdurrahman Wahid di Lampung berlangsung secara terpisah di rumah masing-masing oleh para pengurus DPW Barisan Kader (Barikade) Gus Dur Provinsi Lampung dan masyarakat pengagum Gus Dur.

"Doa dari rumah masing-masing tak mengurangi kekhusyukan dan khidmat haul Gus Dur," kata Ketua DPW Barikade Gus Dur Lampung M Irfandi Romas, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, doa haul Gus Dur digelar di rumah masing-masing, mengingat masih pandemi COVID-19 dan Kota Bandarlampung kembali berstatus zona merah. Selain itu, adanya Maklumat Kapolri untuk libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 supaya menghindari kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak.

Baca juga: Cak Imin kenang Gus Dur yang tak merasa lebih baik dari orang lain

Dia mengajak kepada para kiai, ustaz, para alim ulama, para sahabat calon pengurus dan pengurus DPW Barisan Kader Gus Dur Provinsi Lampung beserta DPC-DPC lainnya se-Provinsi Lampung, serta seluruh masyarakat Lampung dan para pengagum Gus Dur agar mendoakan almarhum KH Abdurrahman Wahid.

"Selain itu, mari kita juga mendoakan agar keluarga kita masing-masing selalu sehat dan terbebas dari COVID-19. Mari kita mendoakan agar Provinsi Lampung pada khususnya dan Indonesia serta seluruh dunia pada umumnya, dapat segera melewati wabah COVID-19. Semoga Allah memberikan ijabah-Nya terhadap doa kita semua. Amiin Ya Robalalamin," kata M. Irfandi.

Acara dimulai melalui sambungan video teleconference dengan silsilah Al Fatihah oleh Ustaz Mustofa Musa dan Yasin tahlil oleh Ustaz Amiruddin serta doa oleh Ustaz Asep Syaifuddin.

Haul ke-11 Gus Dur dan doa selamat juga diadakan di rumah pribadi Ketua DPC Barikade Gus Dur Kota Bandarlampung.

Baca juga: NU UK-KBRI London gelar diskusi virtual tentang diplomasi Gus Dur

Ketua Pelaksana Haul Gus Dur ke-11 Sony Eriko membaca Surat Yasin dan doa.

Pelaksanaan haul almaghfirullah KH Abdurrahman Wahid juga dilaksanakan di Masjid An-Nahl Perumahan Talang Pungkut (PTP) Asri, Kelurahan Rajabasa Jaya, Bandarlampung, dan DPC Barikade Gus Dur Lampung Timur, dan DPC-DPC lain se-Lampung.

Dalam kesempatan itu, DPW Barikade Gus Dur Lampung juga mengucapkan selamat Natal kepada umat Kristiani.

"Semoga makna Natal dapat lebih berarti dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini," katanya.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020