Medan (ANTARA) - Penumpang arus mudik Tahun Baru 2021 di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara masih terus ramai berdatangan dari berbagai daerah di Tanah Air.

Plt Manajer Branch Communication & Legal Angkasa Pura II, Paulina Simbolon di Deli Serdang, Sabtu, mengatakan penumpang yang mudik itu, bertujuan untuk merayakan tahun baru di kampung halaman mereka.

Baca juga: Polda Sumsel siagakan 63 pos pelayanan mudik Natal-Tahun Baru

Selain itu, jelasnya, penumpang yang mudik tersebut ingin berkumpul dengan para orang tua, adik, kakak, serta famili yang berada di kampung.

"Jadi, selama sepekan ini penumpang di Bandara Internasional Kualanamu terus penuh dari berbagai daerah yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Jawa Tengah, Kalimantan, Sulawesi, NTT, Papua, dan Batam," ujar Paulina.

Baca juga: KSOP Batam cek kesiapan kapal layani mudik Natal dan Tahun Baru 2021

Sementara itu, jumlah penumpang mudik menjelang Tahun Baru 2021, Sabtu, diperkirakan mencapai 7.556 orang dan pesawat sebanyak 83 unit.

Dari 7.556 orang jumlah penumpang itu, yakni 3.356 orang kedatangan dan 4.200 orang keberangkatan.

Baca juga: Jasa Marga prediksi puncak mudik tahun baru berlangsung hari ini

Sedangkan, dari 85 unit jumlah pesawat di Bandara Kualanamu, yakni 36 unit kedatangan, dan 47 unit keberangkatan.Sementara itu, jumlah kargo di Bandara Kualanamu mencapai 193.936, yakni 19.867 kedatangan dan 173.969 keberangkatan.

Di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang juga dilakukan validasi surat hasil test COVID-19, baik itu rapid test antigen atau PCR test oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan.
 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020