diharapkan dapat makin maju dengan keberadaan Kampus UNS
Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta segera mengembangkan kampus di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah seiring dengan besarnya potensi dan kebutuhan pembangunan daerah tersebut.

"Dengan mempertimbangkan potensi dan kebutuhan pembangunan daerah di Kebumen, kami berencana mengembangkan Kampus UNS Kebumen mulai Tahun Akademik 2021/ 2022," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Minggu.

Ia mengatakan nantinya akan ada beberapa program studi yang dibuka di Kampus UNS yang ada di kabupaten tersebut.

"Pengembangan tersebut meliputi pembukaan Program Studi D-3 Usaha Perjalanan Wisata, S-1 Teknik Informatika, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Manajemen, S-1 Agroteknologi, S-2 Manajemen, dan S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar," katanya.

Baca juga: Tabir surya karya mahasiswa UNS juarai kompetisi nasional

Sebelumnya, UNS sudah menjalin kerja sama dengan kabupaten tersebut di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan sumber daya manusia, dan pengembangan industri potensi daerah.

"Sebagai institusi pendidikan, kami siap bersinergi untuk memajukan Kebumen baik melalui potensi riset, tenaga pendidik, hingga mahasiswa yang dimiliki UNS," katanya.

Seperti misalnya pada dukungan terhadap kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dikatakannya, UNS memiliki 24 pusat studi di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

"Dari 24 pusat studi tersebut, LPPM UNS berhasil melahirkan 314 'research groups'. Kami di UNS 20 persen total anggaran digunakan untuk kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: UNS eksplorasi nilai tambah komoditas janggelan khas Wonogiri

Sebelumnya, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz berharap kerja sama dengan UNS dapat diimplementasikan dengan baik.

"Apalagi Kebumen sebagai salah satu kabupaten yang memiliki potensi wisata yang besar, diharapkan dapat makin maju dengan keberadaan Kampus UNS di Kebumen," katanya.

Baca juga: UNS targetkan masuk 500 perguruan tinggi terbaik dunia

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020