Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Magetan capai 82,94 persen

Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Magetan capai 82,94 persen

Ilustrasi - Dokumen - Bupati Magetan Suprawoto (kanan) menyerahkan surat keterangan sehat kepada pengurus dan santri pondok pesantren Temboro di gedung karantina fasilitas khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Senin (18/5/2020) yang telah dinyatakan sembuh atau negatif COVID-19. ANTARA/HO-Humas Magetan/pri.

Magetan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mencatat tingkat kesembuhan pasien COVID-19 daerah setempat mencapai 82,96 persen atau sebanyak 735 orang dari 886 total kasus konfirmasi.

"Hari ini Minggu 27 Desember 2020, ada belasan warga Magetan sembuh dari COVID-19 meskipun masih ada 10 warga Magetan yang terkonfirmasi positif," ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Magetan Saif Muchlissun dalam keterangannya di Magetan, Minggu malam.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Magetan, pasien yang sembuh dari infeksi virus corona pada hari Minggu ini bertambah 16 orang sehingga menjadi 735 orang dari total kasus COVID-19 sebanyak 886 orang.

Baca juga: Pemkab Magetan batasi jumlah wisatawan Telaga Sarangan cegah COVID-19

Sesuai data, pasien sembuh dari COVID-19 tersebut berasal dari sejumlah kecamatan di Magetan. Yakni, satu pasien sembuh warga Kecamatan Takeran, dua warga Kecamatan Ngariboyo, satu warga Kecamatan Maospati, empat warga Barat, dan tiga warga Karangrejo, tiga warga Bendo, dan masing-masing satu pasien untuk Kecamatan Lembeyan dan Kawedanan.

Meski pasien sembuh cukup banyak, Muchlis meminta warga Magetan tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan karena penambahan kasus COVID-19 masih ada.

Baca juga: Magetan tambah 20 kasus baru COVID-19 menjadi 828 orang

"Meski ada kasus sembuh, kabar kurang baik juga kami sampaikan pada Minggu (27/12). Yakni terdapat 10 orang terkonfirmasi positif," kata dia.

Sesuai data, tambahan 10 kasus konfirmasi baru itu terdaftar sebagai pasien ke-877 hingga pasien ke-886. Ke-10 kasus baru tersebut satu orang merupakan warga Kecamatan Sidorejo, delapan pasien warga Magetan dan satu warga asal Kawedanan.

Baca juga: Jumlah kasus COVID-19 di Magetan lampaui angka 800 orang

Baca juga: RSUD Magetan hentikan layanan IGD setelah 7 pegawai positif COVID-19


"Pasien sembuh hari ini lebih banyak daripada yang terkonfirmasi positif, tetapi angka penambahan terkonfirmasi positif juga masih sangat memprihatinkan," tambah Muchlis yang juga menjabat sebagai Jubir Satgas COVID-19 Magetan.

Maka dari itu, lanjutnya, ia meminta warga tidak bosan untuk terus membiasakan hidup bersih dan sehat, serta disiplin menerapkan 3M. Yakni rajin memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Dengan tambahan 16 kasus sembuh dan 10 kasus baru terkonfirmasi positif, maka hingga Minggu 27 Desember 2020 terdapat 886 warga Magetan terkonfirmasi COVID-19. Dari jumlah tersebut, 735 orang dinyatakan sembuh, 44 orang meninggal, dan 107 orang lainnya dalam perawatan serta isolasi.

Baca juga: Kesembuhan pasien COVID-19 di Magetan mencapai 82,94 persen

Baca juga: Pemkab Magetan catat 22 kasus baru COVID-19 di awal Desember
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020