Jenis baru COVID-19 sudah muncul di Jerman sejak November

Jenis baru COVID-19 sudah muncul di Jerman sejak November

Ilustrasi. (ANTARA/HO)

Berlin (ANTARA) - Jenis baru COVID-19 yang terdeteksi di Inggris tampaknya sudah muncul di Jerman sejak November saat para dokter menemukannya secara retrospektif pada sampel salah satu pasien yang lebih tua yang kemudian meninggal, demikian lansiran Die Welt, Senin (28/12).

Spesialis di Hannover Medical School (MHH) dapat menentukan jenis virus B1.1.7 pada sampel pasien yang memiliki riwayat penyakit, katanya, mengutip Kementerian Kesehatan setempat di Negara Bagian Lower Saxony.

Lebih lanjut, rumah sakit Berlin Charite membenarkan temuan awal tersebut.

Jenis baru virus corona, yang mengganas di Inggris, dianggap lebih menular dibanding jenis yang saat ini beredar. Analisis awal menunjukkan bahwa gejala dari jenis baru COVID-19 tidak lebih parah.

Negara Bagian Baden-Wuerttemberg pekan lalu mengatakan bahwa otoritas setempat menemukan jenis baru COVID-19 pada seseorang yang terinfeksi, yang terbang dari Inggris menuju Frankfurt pada 20 Desember.

Pelancong tersebut hendak mengunjungi kerabat dan terbukti positif saat kedatangan. Ia lantas dijemput di bandara oleh anggota keluarga dengan mobil dan sejak itu menjalani isolasi di rumah.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pemerintah koordinasi laboratorium untuk teliti mutasi virus corona

Baca juga: Indonesia tutup pintu bagi WNA semua negara per 1 Januari 2021
Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020