Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia U-23 telah selesai menggelar pemusatan latihan (TC) yang digelar di Jakarta sejak Senin hingga 31 Desember dan ditutup dengan gim internal.

Dikutip dalam laman resmi PSSI, Jumat, pelatih Shin Tae-yong yang memantau langsung TC mengatakan dalam pemusatan latihan tahap awal ini seluruh pemain difokuskan pada pemulihan fisik.

"Saya tekankan dan fokus untuk pengembalian fisik dasar pemain, setelah melihat mereka tidak melakukan aktivitas di tim, dan dengan tak ada latihan, mereka mungkin satu hingga dua bulan libur," kata Shin.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, dari hasil gim internal tersebut seluruh pemain sudah menunjukkan peningkatan yang signifikan dari sisi kebugaran. Penilaian itu berkaca karena Syahrian Abimanyu dan kawan-kawan tak melakoni kompetisi selama 10 bulan.

"Kita juga sengaja membuat pertandingan internal dengan durasi waktu 25 menit dikali dua. Melihat para pemain saya rasa cukup dan sangat puas dengan kemampuan anak-anak yang sangat bagus, serta fisik mereka cukup bagus," kata dia.

Usai memimpin TC timnas U-23, Shin Tae-yong akan bergegas menyusul timnas U-19 yang tengah menggelar pemusatan latihan di Spanyol. Rencananya, Shin akan terbang pada 2 Februari.

Sementara itu, ketua umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi semangat yang ditunjukkan para pemain saat mengikuti TC. PSSI berkomitmen selalu mendukung penuh program timnas Indonesia dan pelatih Shin Tae-yong.

"Alhamdulillah TC kali ini berjalan lancar. Setelah ini para pemain pulang ke daerah masing-masing. Kami harap para pemain bisa menjaga kondisi dan tetap menjalani latihan mandiri dengan baik. Hal ini agar saat TC berikutnya, mereka bisa lebih baik dan siap," kata Iriawan.

Timnas U-23 ini dipersiapkan untuk ajang SEA Games 2021 nantinya akan digelar di Vietnam pada November mendatang. Timnas Indonesia pada SEA Games 2019 di Filipina meraih perak usai kalah dari Vietnam di laga final dengan skor 0-3.

Baca juga: Shin Tae-yong tekankan daya tahan tubuh dalam latihan timnas U-23
Baca juga: Kiper Barito Putera bertekad kunci satu slot di timnas U-23
Baca juga: Saddil Ramdani optimistis timnas bisa juara di SEA Games 2021
Baca juga: Bhayangkara beri pesan pada empat pemainnya agar jaga sikap di timnas

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021