...,Daop 1 Jakarta memastikan seluruh protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin baik untuk penumpang dan petugas,
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan seluruh penumpang yang berangkat dan datang ke area Daop 1 Jakarta dalam kondisi sehat.

Kepala Daerah Operasi 1 Jakarta, Eko Purwanto dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu, mengatakan kesehatan penumpang itu berdasarkan berkas rapid antigen dengan hasil negatif yang wajib dimiliki penumpang saat akan berangkat dari dan menuju area Daop 1 Jakarta dengan masa berlaku tiga hari.

Selain itu, lanjut dia, kesehatan penumpang juga dipantau melalui pemeriksaan suhu tubuh sebelum berangkat dan di sepanjang perjalanan KA secara berkala hingga tiba di stasiun akhir untuk memastikan seluruh penumpang memiliki suhu tubuh normal.

"Hal tersebut merupakan SOP yang wajib dilakukan untuk keseluruhan pemberangkatan KA di seluruh stasiun keberangkatan KA," katanya.

Baca juga: KAI: Arus balik libur Tahun Baru 2021 mulai nampak

Ia menyampaikan penumpang yang tidak dapat memenuhi dua syarat protokol kesehatan itu, yakni surat rapid antigen dengan hasil negatif dan suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat dipastikan tidak dapat melakukan perjalanan KA.

"Meski pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2021 jumlah pengguna mengalami peningkatan, Daop 1 Jakarta memastikan seluruh protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin baik untuk penumpang dan petugas," katanya.

Terkait layanan Rapid Antigen di Area Daop 1 Jakarta, ia mengatakan sejak awal layanan itu berlangsung pada 21 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021 terdapat sekitar 40 ribu calon pengguna yang melakukan rapid di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Calon pengguna yang mendapatkan hasil positif, ia menambahkan, tidak akan diperkenankan untuk berangkat.

Biaya tiket akan langsung dikembalikan dengan bantuan petugas, selanjutnya yang bersangkutan akan ditempatkan di area khusus untuk diberikan pengarahan oleh tim dokter agar melanjutkan pemeriksaan ke Rumah Sakit dan melakukan kordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat.

Baca juga: KA Bandara Adi Soemarno beroperasi lagi setelah sembilan bulan vakum

Eko Purwanto juga menyampaikan sebagai upaya pencegahan Covid-19, para pengguna kereta api diberikan faceshield dari PT KAI dan diwajibkan untuk menggunakan faceshield tersebut sepanjang perjalanan hingga tiba di stasiun tujuan.

"Para pengguna juga diimbau untuk memakai baju lengan panjang," katanya.

Ia menegaskan KAI Daop 1 Jakarta konsisten menerapkan protokol kesehatan di area stasiun dan di atas KA, untuk penumpang KA keberangkatan maupun kedatangan.

Selain menambah perangkat pencuci di sejumlah area pelayanan, Daop 1 Jakarta juga menyediakan ruang isolasi sementara baik di stasiun dan di atas KA untuk digunakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan untuk penanganan

PT KAI Daop 1 juga memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021