Bandung (ANTARA) - Wali Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Oded M Danial menyatakan siap ikut menjadi penerima vaksin COVID-19 untuk memberi contoh kepada masyarakatnya  supaya lebih yakin untuk juga turut serta divaksinasi.

"Harus siap lah (jadi penerima vaksin)," kata Oded di Bandung, Rabu.

Sejauh ini menurutnya Dinas Kesehatan Kota Bandung sudah terus bersiap menghadapi proses vaksinasi COVID-19 yang akan berlangsung cukup lama.

Baca juga: Ketahanan kesehatan nasional jadi prioritas diplomasi RI

Namun, ia mengaku belum mengetahui secara rinci kapan jadwal vaksinasi mulai dilakukan di Ibu Kota Jawa Barat itu.

"Tapi kita belum tahu kapan Kota Bandung dapat jatah rangkaian vaksin ini. Ya nanti lihat saja, sudah ada daftarnya," kata Oded.

Baca juga: Gubernur Sultra nyatakan siap divaksin COVID-19

Kota Bandung sendiri disebut bakal menerima sekitar 45 ribu dosis vaksin COVID-19 pada vaksinasi tahap pertama ini.

Pada tahap pertama, vaksinasi bakal dilakukan ke petugas kesehatan sebagai garda terdepan penanganan COVID-19. Namun jumlah rinci penerima vaksin tahap pertama juga masih dalam proses pembaruan.

Baca juga: DPRD Belitung dukung kebijakan nakes prioritas penerima vaksin

Adapun di Kota Bandung bakal ada sebanyak 187 tempat yang bisa menjadi lokasi vaksinasi tahap pertama, mulai dari Puskesmas, rumah sakit, klinik, kantor kesehatan pelabuhan, dan fasilitas kesehatan lainnya.

"Kalau Puskesmas ada 80, rumah sakit semuanya, ditambah klinik-klinik yang sesuai persyaratan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021