Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan 453 vaksinator disiapkan untuk pemberian vaksin COVID-19 di Ibu Kota.

"Selasa vaksin kami terima dan sekarang di DInkes, kemudian untuk pemberiannya kami siapkan tenaga fakses jumlahnya 453 beserta petugas perawat, dokter, bidan sebagai vaksinator," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Sasaran yang akan diberikan vaksin, kata Riza, adalah 119.145 orang untuk tahap pertama yang terdiri dari tenaga kesehatan yang datanya diambil dari Dinas Kesehatan, Dinas Penduduk dan Catatan Sipil, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Mudah-mudahan di minggu kedua bulan Januari ini dan minggu ketiga kita mulai melakukan penyuntikan kepada yang menerima di tahap awal, tempatnya di Puskesmas dan di RSUD," ujarnya.

Baca juga: Jakarta sambut baik kebijakan pengetatan Jawa-Bali
Baca juga: DKI Jakarta belum putuskan sekolah tatap muka


Pemprov DKI telah menerima 39.200 dosis vaksin COVID-19 yang didistribusikan langsung oleh PT Bio Farma Bandung pada Senin 4 Januari 2020. Pemprov DKI menerima 120.500 vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat yang akan diberikan dalam beberapa tahap.

Riza menambahkan, Dinkes DKI menargetkan melakukan penyuntikan 20.473 dosis vaksin COVID-19 per hari dengan sasaran "top and down" sesuai arahan pemerintah pusat

Riza menambahkan, vaksin COVID-19 telah disimpan oleh Dinkes DKI Jakarta. Dia memastikan Pemprov DKI akan mendukung program vaksinasi COVID-19 yang dilakukan pemerintah pusat.

"Pemprov DKI Jakarta dengan Dinkes prinsip nya kami akan mendukung dan melaksanakan apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat, Satgas pusat maupun Kemenkes tentang vaksin bagi warga Jakarta. Kami tentu berterima kasih diberikan gratis kepada seluruh warga Indonesia termasuk warga Jakarta," kata dia.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021