Jubir: Wapres dukung Presiden calonkan Komjen Listyo jadi Kapolri

Jubir: Wapres dukung Presiden calonkan Komjen Listyo jadi Kapolri

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. ANTARA/HO-EP-BPMI Setwapres.

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengatakan Wapres mendukung keputusan Presiden Joko Widodo yang mencalonkan Komisaris Jenderal Pol. Listyo Sigit Purnomo sebagai Kapolri.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, Masduki mengatakan bahwa Wapres Ma’ruf menilai Komjen Pol. Sigit merupakan sosok ideal untuk menggantikan Jenderal Pol. Idham Azis yang pensiun pada 1 Februari.

"Tentu Wapres mendukung keputusan Presiden Jokowi, dan Wapres juga mendorong agar fit and proper test bisa segera dilaksanakan," kata Masduki di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Jazilul: Listyo Sigit jalin komunikasi tiap lapisan masyarakat

Wapres meyakini keputusan Presiden Jokowi yang mengajukan nama Kepala Bareskrim Polri tersebut sebagai calon tunggal Kapolri telah melalui berbagai tahapan dan pertimbangan.

Selain itu, lanjut Masduki, keputusan Presiden mencalonkan Komjen Sigit sebagai Kapolri juga sejalan dengan rekomendasi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

"Saya kira itu keputusan yang tepat. Maka, hendaknya semua pihak mendukung keputusan Presiden itu," katanya.

Wapres juga berharap Komjen Pol. Sigit dapat membawa institusi Polri makin maju.

"Harapan Wapres semua proses berjalan lancar sehingga suksesi kepemimpinan di Polri dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Ketua DPR: Polri ke depan harus tingkatkan profesionalitas personel

Sementara itu, Istana Kepresidenan telah menyerahkan surat presiden yang ditandatangani Presiden Joko Widodo terkait dengan usulan calon Kapolri baru kepada DPR RI.

Surat tersebut diantarkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno ke Gedung Parlemen Senayan, Rabu pukul 10.30 WIB.

Sebelumnya, nama Komjen Pol. Listyo Sigit Purnomo muncul bersama empat nama lain, yakni Komjen Pol.  Gatot Eddy Pramono, Komjen Pol. Boy Rafli Amar, Komjen Pol. Agus Andrianto, dan Komjen Pol. Arief Sulistiyanto.

Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021