Dinkes Sumut mulai distribusikan vaksin COVID-19 ke tiga daerah

Dinkes Sumut mulai distribusikan vaksin COVID-19 ke tiga daerah

Proses pendistribusian vaksin Sinovac dari Gudang Dinas Kesehatan Sumut menuju tiga kabupaten/kota yakni Medan, Binjai dan Deli Serdang, Rabu. ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus.

Medan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara pada Rabu mulai mendistribusikan vaksin Sinovac produksi PT Biofarma untuk persiapan vaksinasi COVID-19 perdana, yang dijadwalkan pada 14 Januari 2021.
 
"Kita mendistribusikan vaksin kepada tiga kabupaten/kota, yaitu Kota Medan, Binjai dan Deli Serdang," kata Kepala Seksi Kefarmasian Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumut Nelly Murni di Medan, Rabu.
 
Nelly mengatakan dari 40.000 vial vaksin COVID-19 yang diterima Sumut pada tahap pertama, sebanyak 34.060 vial vaksin yang didistribusikan ke tiga kabupaten/kota tersebut.

Baca juga: Tiba di Bandara Kualanamu, Brimob Polda Sumut kawal vaksin COVID-19

Baca juga: 40.000 dosis vaksin COVID-19 dijadwalkan tiba di Sumut Selasa
 
"Rinciannya 20.000 vial untuk Kota Medan, 9.060 vial untuk Deli Serdang dan 5.000 untuk Binjai," katanya.
 
Selain vaksin, kata dia, juga didistribusikan perbekalan di dalam pelaksanaan vaksin yakni ADS, alcohol swab dan safety box.
 
Sementara itu untuk kabupaten/kota lainnya, pihaknya masih menunggu koordinasi dengan Biofarma untuk kedatangan vaksin tahap dua.
 
"Kita tunggu koordinasi dengan Biofarma untuk kedatangan vaksin tahap dua, nantinya akan didistribusikan kepada kabupaten/kota lainnya," katanya.*

Baca juga: BBPOM: Instalasi farmasi di Sumut siap tampung vaksin COVID-19

Baca juga: Dinkes: Imunisasi COVID-19 di Sumut mulai dilaksanakan pada November
 
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021