BCAP dapatkan lisensi BI sebagai penyelenggara "payment gateway"

BCAP dapatkan lisensi BI sebagai penyelenggara

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo. ANTARA/HO-MNC.

Jakarta (ANTARA) - PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), lewat anak perusahaannya, PT MNC Teknologi Nusantara, telah mendapatkan lisensi Bank Indonesia sebagai penyelenggara gerbang pembayaran (payment gateway) dengan menggunakan brand Flash Mobile.

"MNC Group akan menggabungkan semua layanan berbayar dan penagihan ke dalam satu sistem terpadu. Untuk mencapai hal tersebut, BCAP perlu membangun back-end support-nya, terutama layanan payment gateway dan biller aggregator," kata Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Lisensi tersebut akan melengkapi ekosistem fintech BCAP. Bersamaan dengan didapatkannya lisensi itu, perseroan diperbolehkan menyediakan layanan tambahan berupa layanan fraud detection system dan layanan invoicing.

Baca juga: BCAP akuisisi mayoritas saham broker AGCO, rambah pasar internasional

Flash Mobile merupakan brand payment gateway dan biller aggregator di bawah perseroan. Flash Mobile dilengkapi dengan sertifikasi standar keamanan tertinggi PCI DSS (Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran).

Hary menuturkan, Flash Mobile berfungsi sebagai payment gateway dan biller aggregator untuk semua transaksi di dalam MNC Group.

"Dalam waktu dekat, perseroan juga akan menjalin kerja sama dengan berbagai mitra eksternal," ujar Hary.

MNC Tekonologi Nusantara (MTN) merupakan anak perusahaan BCAP yang berfokus pada pengembangan solusi dan sistem pembayaran digital, khususnya uang elektronik dengan produk utama SPIN (Smart Payment Indonesia).

MTN juga melengkapi lini bisnisnya dengan payment gateway dan menjadi biller aggregator di dalam ekosistem MNC Group dengan merk Flash Mobile.

Flash Mobile juga terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai provider telekomunikasi di Indonesia dan mitra online lainnya untuk memperluas layanan pembayaran dan penagihan elektroniknya.

Memanfaatkan dua bisnis inti di atas, MTN berencana untuk meningkatkan aliran pendapatannya dengan menyediakan fitur pinjaman digital, seperti PayLater dan Cicilan, melalui kolaborasi bersama mitra strategis baik internal maupun eksternal MNC Group.

Baca juga: MNC Kapital fokus kembangkan bisnis keuangan digital
Baca juga: MNC Bank tingkatkan keamanan nasabah bertransaksi via mobile banking
Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021