Tangerang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menyatakan warga yang telah mengikuti vaksinasi COVID-19 jenis Sinovac tak bisa langsung melakukan donor darah karena harus menunggu enam pekan untuk proses pencairan vaksin.

"Jadinya, jeda antara waktu vaksin hingga pelaksanaan donor darah adalah enam pekan. Hal itu sesuai dengan aturan Permenkes RI," kata Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan dihubungi di Tangerang, Jumat.

Baca juga: Sempat tertunda, Wali Kota Tangerang ikut vaksinasi COVID-19

Baca juga: Relawan PMI Kota Tangerang ikut bantu pencarian di Kepulauan Seribu


Ia mengatakan aturan tak boleh melakukan donor darah adalah karena vaksin virus COVID-19 sudah bercampur dengan darah di dalam tubuh. Kemudian proses pencairan vaksin di dalam tubuh memakan waktu yang cukup lama.

"Oleh karena itu, kami mengantisipasinya dengan mengejar para pendonor yang belum melakukan vaksin untuk bisa melakukan donor darah sebelum disuntik vaksin," kata Ade.

Selain itu, PMI Kota Tangerang juga akan mengedukasi warga terkait peraturan donor darah tersebut. "Edukasi kami melalui Instagram @pmikotatangerang. Kami juga akan menyebarkan flyer. Kami juga akan memperbarui syarat pendonor darah," katanya.

Dalam kesempatan ini, Ade mengaku jika kebutuhan darah di PMI Kota Tangerang sangat tinggi, sementara calon pendonor darah yang ada sangat sedikit.

"Jadi, sebelum Kota Tangerang masuk jadwal vaksinasi, kami gencarkan program donor darah, yaitu Donor di Rumah Bareng Keluarga (Dobrak)," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang terapkan batasan jam operasional pusat belanja

Ia mengungkapkan pihaknya siap mendatangi rumah warga yang bersedia untuk mendonorkan darahnya. "Berapa pun orangnya, kami siap datangi untuk melakukan donor," ujarnya.

Vaksinasi COVID-19 saat ini dilaksanakan di Kota Tangerang Selatan dan Kota Serang. Adapun sasarannya adalah tenaga medis dan untuk di Kota Tangerang akan menerima vaksin pada akhir bulan Februari

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021