Jakarta (ANTARA) - Pebalap asal Argentina Kevin Benavides menjuarai Reli Dakar 2021 kategori sepeda motor kendati harus menyelesaikan etape ke-12 yang menempuh rute Yanbu-Jeddah pada posisi kedua di bawah sesama pebalap tim Pireli Monster Energy Honda, Ricky Brabec.

Dalam klasemen umum, Benavides unggul selisih waktu empat menit 56 detik dari Ricky Brabec pada posisi kedua. Sementara posisi ketiga menjadi milik pebalap Red Bull KTM, Sam Sunderland, yang terpaut waktu cukup jauh 15 menit 57 detik.

Dengan catatan waktu klasemen umum tersebut, Benavides berhak merengkuh gelar juara seri 2021 sekaligus menjadi yang pertama kalinya bagi pembalap asal Argentina itu.

Gelar juara Benavides ini tak luput dari penampilan Sunderland yang kurang baik pada etape pamungkas ini. Pada waypoint pertama sekitar km 99, dia terpaut waktu 10 menit dari Benavides.

Baca juga: Satu etape lagi, Peterhansel kunci titel ke-14 Reli Dakar

Benavides menyelesaikan Spesial Stage sejauh 200 km dalam waktu dua jam 19 menit dan 19 detik, sedangkan Ricky Brabec yang finis urutan pertama menyelesaikan etape 12 dengan catatan waktu dua jam 17 menit dan dua detik. Adapun Sam Sunderland tercecer pada urutan 11 dengan catatan waktu dua jam 30 menit sembilan detik.

Rookie dari tim KTM Daniel Sanders bertahan pada tempat keempat, sementara Skyler Howes (KTM) memenangkan pertarungannya melawan pebalap Sherco Lorenzo Santolino untuk memastikan tempat kelima.

Ini adalah gelar juara kedua kali berturut-turut bagi Honda setelah tahun lalu Ricky Brabec yang menjuarainya. Di samping itu, status juara kali ini juga menjadi terasa spesial bagi tim Honda karena kembali merengkuh posisi pertama dan kedua sejak 1987.

Seusai balapan, Benavides tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya karena selain menjadi juara, ia juga berhasil mencatatkan sejarah sebagai orang Amerika Selatan pertama yang menjuarai Reli Dakar.

"Saya sangat bangga menjadi orang Amerika Selatan pertama yang memenangi gelar juara. Sebelumnya mimpi saya adalah mampu membuat sejarah dan akhirnya saya bisa mewujudkannya," kata Benavides dalam laman resmi Dakar.

Baca juga: Brabec menangi etape 10, tempel ketat Benavides di klasemen umum

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021