Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menargetkan pendistribusian 74.840 vial vaksin COVID-19 ke 33 kabupaten/kota di provinsi tersebut rampung pada awal Februari 2021.
 
"Secara keseluruhan ke kabupaten/kota nanti akan kita sebarkan di awal Februari sudah mencakup seluruh kabupaten/kota kita dengan kondisi yang 74.840 (vaksin-red) ini," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Sabrina, Jumat.
 
Ia mengatakan pihaknya telah melakukan peninjauan di 33 kabupaten/kota di Sumut guna memastikan kelengkapan sarana prasarana yang akan digunakan untuk menyimpan vaksin.

Baca juga: 118 tenaga kesehatan Kota Bekasi divaksin Sinovac
 
"Sebelumnya ini kita sudah melakukan survei awal, baru kemudian dilakukan supervisi supaya di tempat sana ada penyediaan. Nanti sia-sia vaksin kita kalau tidak disiapkan sarana prasarana, terutama tempat penyimpanannya," katanya.
 
Sabrina menyebutkan bahwa ribuan vaksin COVID-19 tersebut diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan.
 
"Kita telah menerima 74.840 vial, tentu saja kita berharap lagi selebihnya sesuai dengan jadwal-jadwal yang telah diatur dari pusat," katanya.
 
Sebelumnya, tiga daerah di Sumut yakni Medan, Binjai dan Deli Serdang telah menerima vaksin COVID-19 pada Rabu (13/1).
 
Untuk vaksinasi COVID-19 di wilayah Sumut sudah dimulai pada Kamis (14/1) dengan sasaran pertama pejabat pemerintah dan sumber daya manusia di bidang kesehatan.
 
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021