Tak ada pemaksaan untuk vaksinasi di Aceh Besar

Tak ada pemaksaan untuk vaksinasi di Aceh Besar

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyerahkan vaksin COVID-19 kepada empat Puskesmas di Aceh Besar, Jumat. (M ifdhal)

Banda Aceh (ANTARA) - Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyatakan untuk vaksinasi COVID-19 di kabupaten tersebut tidak ada pemaksaan untuk warga, namun pihaknya akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait vaksin.

“Khusus untuk tenaga kesehatan vaksinasi wajib. Adapun tujuan vaksin ini adalah sebagai upaya pemerintah untuk menyehatkan masyarakat. Bila kita semua sehat, ekonomi dan pendidikan juga akan berlangsung baik dan lancar," kata Bupati Aceh Besar di Puskesmas Darup Imarah, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela mendistribusikan vaksin COVID-19 Sinovac untuk empat Puskesmas masing-masing Darul Imarah, Darul Kamal, Peukan Bada dan Lampisang.

Baca juga: Bupati Badung yakinkan vaksinasi COVID-19 aman

Ia menjelaskan masyarakat tidak boleh resah dan takut dengan vaksin ini, karena manfaatnya agar rakyat sehat.

Ia mengatakan MPU juga sudah menyatakan halal penggunaannya karena itu pihaknya akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kita juga akan meminta semua pihak termasuk tenaga kesehatan untuk terus menyosialisasi terhadap vaksinasi ini,” katanya.

Ia juga berharap kepada jajaran Pemerintah khususnya Dinas Kesehatan untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta diberikan pemahaman yang benar tentang manfaat vaksin untuk terwujud rakyat yang sehat.

Baca juga: Vaksinasi di Surakarta berjalan lancar

Menurut dia tenaga kesehatan menjadi kelompok pertama yang akan diberikan vaksin, mengingat mereka berada di garda terdepan dalam melayani pasien di rumah sakit maupun puskesmas.

“Semua kita dapat memberikan yang terbaik dan benar tentang vaksin ini, dan semua masyarakat tetap patuh Prokes COVID-19 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Aceh Besar turut didampingi Plt Sekda Aceh Besar Abdullah, Asisten III Setdakab Aceh Besar Jamaluddin dan pejabat Dinkes Aceh Besar.

Baca juga: Pemprov Sumut targetkan distribusi vaksin rampung awal Februari
Baca juga: 118 tenaga kesehatan Kota Bekasi divaksin Sinovac
Baca juga: Firli Bahuri: Seluruh pegawai KPK akan jalani vaksinasi COVID-19

 

Pewarta : M Ifdhal
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021