KONI Papua kumpulkan 37 pengurus cabor untuk sukses prestasi PON XX

KONI Papua kumpulkan 37 pengurus cabor untuk sukses prestasi PON XX

Pengurus 37 cabor PON XX Papua 2021 sedang mengikuti rapat dengan pengurus KONI Papua untuk sukses prestasi PON Papua.(ANTARA News Papua/HO/Diskominfo Papua)

Jayapura (ANTARA) - Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya, memimpin rapat pengurus 37 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional XX (PON) 2021 untuk membahas persiapan para atlet di PON Papua.

Sekretaris KONI Papua Kenius Kogoya dalam laman PB PON Papua, Sabtu mengatakan, rapat KONI Papua diawal tahun 2021 membahas persiapan para atlet agar sukses meraih prestasi dalam ajang PON yang akan diselenggarakan pada 2-13 Oktober 2021 mendatang

"Awal tahun kita rapat lintas bidang dalam persiapan menuju Papua prestasi PON XX Papua," kata Kenius Kogoya.

Menurut dia,  dalam rapat itu pembahasan mengenai persiapan yang menjadi terkendala seperti penggunaan fasilitas venue olahraga yang telah rampung 100 persen, tapi belum bisa digunakan para atlet untuk melakukan test event.

"Fasilitas venue yang belum bisa digunakan, kita akan berkordinasi dengan Disorda Papua jika venue yang sudah siap, atlet harus sudah ujicoba di sana," jelasnya.

Sebab menurutnya, ujicoba venue  sangat penting agar para atlet bisa beradaptasi  dengan venue yang menjadi tempat pertandingannya.

"Jangan sampai ada masalah-masalah  seperti di venue hockey dan kriket karena ada pemalangan harus clear supaya bisa digunakan, terus kemudian aquatic dikampung harapan, atlet renang harus bisa ujicoba. Itu supaya atlet terbiasa dengan venue," tuturnya.

Sementara itu, sebelumnya Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa mengungkapkan pemerintah Papua telah merampungkan 12 venue PON yang akan menjadi tempat bertanding 37 cabor.

Hanya saja masih menyisahkan 4 venue temporary atau sementara akan dibangun awal Januari yakni venue cabang olahraga layar, paralayang, selam perairan dan gantole. Termasuk venue baru cabor Rugby.

Dengan rampungnya venue PON, diharapkan para atlet 37 cabor bisa memanfaatkan untuk melakukan test event agar beradaptasi sebelum penyelenggaraan PON XX.

“Venue bertaraf Internasional ini diharapkan atlet bisa lakukan test event untuk persiapan prestasi mereka," harap Alex Kapisa.

Baca juga: TNI tangani kirab api PON XX Papua
Baca juga: Empat Venue PON dari APBN Diserahkan ke Provinsi Papua Februari
Baca juga: PB PON Papua gelar "CdM Meeting" kedua pada Februari 2021
Baca juga: 12 arena pertandingan untuk PON Papua selesai direnovasi
Pewarta : Muhsidin
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021