West Ham dan Brighton kompak petik kemenangan tipis 1-0

West Ham dan Brighton kompak petik kemenangan tipis 1-0

Penyerang West Ham United Michail Antonio merayakan golnya ke gawang Burnley dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Olimpiade, London, Inggris, Sabtu (161/1/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Julian Finney)

Jakarta (ANTARA) - West Ham United dan Brighton & Hove Albion kompak memetik kemenangan tipis 1-0 atas lawan masing-masing dalam rangkaian laga pekan ke-19 Liga Inggris yang berlangsung Sabtu.

Menjamu Burnley di Stadion Olimpiade London, gol semata wayang yang dicetak Michail Antonio mengunci kemenangan West Ham demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Gol itu dicetak Antonio sembilan menit setelah sepak mula, dengan reaksi cepatnya menyergap bola di area tiang jauh setelah Ben Mee berusaha melakukan sapuan.

Baca juga: West Ham ingin beli Mariano Diaz dari Real Madrid

West Ham punya peluang menggandakan keunggulan melalui situasi sepak pojok tetapi bola sundulan Angelo Ogbonna masih membentur tiang gawang.

Enam menit memasuki babak kedua, Antonio hampir mencetak gol keduanya tetapi bola sundulannya disapu oleh Mee sebelum melewati garis gawang.

Sebaliknya, Burnley berpeluang membalas pada menit ke-80 ketika umpan silang Dwight McNeil terlalu tajam dan memperdaya kiper Lukasz Fabianski, tetapi bola membentur mistar gawang.

Lima menit kemudian, Burnley di ambang mendapat durian runtuh ketika Ogbonna hampir mencetak gol bunuh diri ketika melakukan sapuan, sayang bola masih tipis di sisi luar gawang.

Dua menit jelang bubaran, Andriy Yarmolenko melakukan keputusan keliru saat secara egois mengabaikan pergerakan Antonio di sisi kirinya dan melepaskan tembakan yang hanya berbuah sepak pojok.

Kendati hanya 1-0, hasil akhir membuat West Ham memperpanjang tren positif berupa empat kemenangan kandang beruntun dan tim besutan David Moyes itu untuk sementara naik ke urutan kedelapan klasemen dengan koleksi 29 poin, sedangkan Burnley (16) turun ke peringkat ke-17.

Baca juga: Brighton butuh adu penalti untuk lewati tim kasta keempat Newport

Turunnya posisi Burnley tidak lepas dari kemenangan 1-0 yang diraih Brighton atas Leeds United dalam laga lain yang berlangsung bersamaan di Elland Road.

Neal Maupay mencetak gol kemenangan Brighton pada menit ke-17 memanfaatkan keputusan tepat Leandro Trossard yang sudah mengalihkan perhatian kiper Kiko Casilla.

Hasil itu membuat Brighton menyudahi tren nirmenang yang mereka rasakan dalam delapan pertandingan sebelumnya dan kini tim besutan Graham Potter tersebut kini naik ke urutan ke-17 dengan raihan 17 poin, sedangkan Leeds (23) sementara bertahan di peringkat ke-12.

Baca juga: West Brom bekuk Wolverhampton, kemenangan perdana bersama Allardyce
Baca juga: Jadwal Liga Inggris: mampukah Chelsea bangkit di Derbi London Barat?
Baca juga: Arsenal dan Mesut Oezil akhirnya pisah jalan
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021