Jakarta (ANTARA) - Pangeran Harry merasa sedih karena berpisah dengan keluarga kerajaan, tapi dia dan istrinya Meghan Markle bahagia dengan kehidupan baru mereka di Amerika Serikat, kata sahabat Harry, Tom Bradby, dalam wawancara yang ditayangkan Sabtu (16/1).

Duke dan Duchess of Sussex pindah ke Los Angeles bersama putra mereka, Archie, tahun lalu setelah melepas peran kerajaan menyusul ketidaksepakatan dengan keluarga kerajaan lain dalam menghadapi sorotan media.

"Saya pikir dia merasa sedih atas situasi keluarganya," kata Bradby dalam wawancara, seperti dikutip dari Reuters.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle disebut berhenti pakai media sosial

Baca juga: Harapan Meghan Markle dan Pangeran Harry di tahun 2021


"Tapi apakah mereka tidak bahagia di sana? Tidak, saya kira itu tidak benar, mereka cukup bahagia sebetulnya, tapi saya pikir mereka bergulat dengan posisinya dalam hidup, semua orang juga begitu."

Wawancara Bradby dengan pasangan itu pada tur 2019 di Afrika memperlihatkan sedikit informasi adanya ketegangan di dalam keluarga kerajaan sejak pernikahan Harry-Meghan pada 2018 dan kelahiran putra perta amereka, di mana Meghan dengan mata berkaca-kaca mendeskripsikan kesulitan menjadi ibu baru dan jadi sorotan terus menerus.

Harry juga mengakui ada ketidaksepahaman dengan kakaknya, Pangeran William.

"Yah, situasi dengan keluarga jelas tidak ideal dan ini merupakan tahun yang sulit untuk mereka semua," kata Bradby.

"Masih banyak rasa sakit hati di semua pihak dan itu sangat sulit," tambah dia.

Harry dan Meghan mundur dari tugas kerajaan pada Januari 2020, lalu pindah bersama Archie ke California untuk hidup lebih mandiri dan menjauh dari media Inggris. Mereka sudah mengajukan beberapa tuntutan hukum terhadap pers Inggris, juga mengeluarkan podcast di Spotify yang bertujuan untuk membangun komunitas, narasi dan nilai bersama.

Baca juga: Pangeran Harry, Meghan Markle, dan Archie rayakan Natal di AS

Baca juga: "Cinta selalu menang", kata Harry dan Meghan di podcast perdana

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan selesaikan perkara dengan paparazzi

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021