Sepekan, vaksin COVID-19 game changer hingga 12 juta UMKM masuk QRIS

Sepekan, vaksin COVID-19 game changer hingga 12 juta UMKM masuk QRIS

Presiden Joko Widodo disuntik dosis pertama vaksin COVID-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). ANTARA/HO-Biro Pres Setpres/Muchlis Jr/aa.

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima berita mengenai ekonomi yang disiarkan Kantor Berita Antara sepanjang Senin (12/1) hingga Sabtu (16/1) masih menarik untuk dibaca kembali menemani pagi Anda pada akhir pekan ini ;

Jokowi : Vaksinasi adalah "game changer", kunci yang menentukan

Presiden RI Joko Widodo menuturkan program vaksinasi adalah sebuah “game changer” untuk mengendalikan pandemi COVID-19 dan menjadi kunci yang menentukan pulihnya kehidupan masyarakat termasuk aspek perekonomian.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi yang hadir secara virtual di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021, Jakarta, Jumat.

“Pengendalian pandemi terutama melalui vaksinasi adalah game changer, adalah kunci yang sangat menentukan agar masyarakat bisa bekerja kembali, anak-anak kita bisa belajar di sekolah lagi, dan agar kita bisa kembali beribadah dengan tenang, dan juga agar perekonomian nasional kita bisa segera bangkit,” kata Presiden Jokowi.

Baca selengkapnya di sini

Sri Mulyani: Pemerintah sita aset Rp8,9 miliar kasus pencucian uang

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan terdapat penyitaan aset atas empat kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam bidang perpajakan sepanjang 2020 yang nilainya mencapai Rp8,9 miliar.

"Kasus TPPU yang sudah ditangani selama 2016 sampai 2020 adalah 16 kasus dengan beberapa sudah diputus bersalah oleh majelis hakim," kata Sri Mulyani dalam acara Koordinasi Tahunan dan Arahan Presiden mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme 2021 di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

Presiden Jokowi : Pengawasan OJK jangan mandul, harus keluar taringnya

Presiden RI Joko Widodo meminta Otoritas Jasa Keuangan jangan sampai “mandul” dan “masuk angin” serta harus mengeluarkan taringnya dalam mengawasi industri jasa keuangan.

“Transaksi keuangan yang menjurus ke fraud harus ditindak tegas. Pengawasan OJK juga tidak boleh mandul, tidak boleh masuk angin, harus mengeluarkan taringnya, dan menjaga kredibilitas dan integritas. Ini sangat penting,” kata Presiden Jokowi secara virtual dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2021 di Jakarta, Jumat malam.

Baca selengkapnya di sini

Menko Luhut ajak Menlu China Wang Yi nikmati pesona Danau Toba

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengajak Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi untuk menikmati panorama perbukitan di Kaldera dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.

Hal itu dilakukan Menko Luhut di sela kunjungan Menlu China Wang Yi di Indonesia selama 12-13 Januari 2021, dalam rangkaian safari Menlu Wang Yi ke sejumlah negara ASEAN.

Baca selengkapnya di sini

Gubernur BI targetkan 12 juta UMKM terhubung QRIS tahun ini

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menargetkan pada tahun 2021 ini ada 12 juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan terhubung dengan alat pembayaran QR Code Indonesian Standard (QRIS).

"Pada tahun lalu kami telah sambungkan 5,8 juta merchant secara nasional dan hampir semuanya UMKM. Mari tahun ini kita tingkatkan dua kali lipat jadi 12 juta (merchant) UMKM tersambung secara nasional dengan QRIS," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang digelar secara daring dan luring dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021