Debit air sungai Batanghari naik signifikan, warga diminta waspada

Debit air sungai Batanghari naik signifikan, warga diminta waspada

Laporan debit air sungai Batanghari oleh BPBD Batanghari. Tinggi muka air Sungai Batanghari meningkat signifikan selama satu pekan terakhir. (Antara/HO/BPBD Batanghari)

Jambi (ANTARA) - Debit air Sungai Batanghari meningkat sangat signifikan, dari ketinggian muka air kategori normal hingga nyaris menyentuh status siaga II Banjir hanya dalam satu pekan terakhir, dan warga diminta waspada.

Laporan harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupten Batanghari pada Ahad pukul 17.25 WIB, menunjukkan tinggi muka air Sungai Batanghari 296 centimeter. Tersisa 5 centimeter. Tinggi muka air Sungai Batanghari berada pada status siaga II Banjir yang artinya sudah mencapai status kritis.

Sementara itu, pada 12 Januari 2020, tinggi muka air Sungai Batanghari masih berada pada ketinggian normal. Akibat intensitas hujan yang tinggi di hulu dan hilir sungai menyebabkan debit air Sungai Batanghari meningkat cukup signifikan.

BPBD Batanghari mengimbau masyarakat untuk waspada, terutama masyarakat yang bermukim di sepanjang bantaran Sungai Batanghari, mengingat tinggi muka air sungai Batanghari yang meningkat sangat signifikan dan cuaca yang sudah berada pada musim hujan disertai petir dan angin kencang.

Baca juga: Korban tenggelam di Sungai Batanghari ditemukan meninggal

Baca juga: Debit air Sungai Batanghari berstatus tanggap darurat banjir

BPBD Batanghari mengimbau masyarakat mewaspadai hujan deras disertai petir dan angin kencang, pohon tumbang, tebing sungai yang longsor, jalan longsor dan banjir bandang yang sewaktu sewaktu dapat terjadi. Terlebih saat ini debit air Sungai Batanghari nyaris menyentuh status siaga II Banjir.

Data dari BPBD Batanghari menunjukkan 86 desa dan kelurahan yang tersebar di delapan kecamatan di daerah yang rawan banjir. Sebagian besar desa dan kelurahan tersebut berada di sepanjang bantaran Sungai Batanghari, mulai dari Kecamatan Maro Sebo Ilir, Mersam, Maro Sebo Ulu, Muara Tembesi, Batin XXIV, Muara Bulian hingga Kecamatan Pemayung.

Dengan tinggi debit air Sungai Batanghari tersebut, masyarakat di Kota Jambi diimbau untuk waspada, pasalnya dalam satu hingga dua hari ke depan tinggi muka air Sungai Batanghari yang melintas wilayah Kota Jambi juga akan meningkat, mengingat saat ini air di hulu sungai sudah meningkat cukup signifikan.*

Baca juga: Sepekan terakhir debit air Sungai Batanghari meningkat signifikan

Baca juga: Tim gabungan temukan bocah tenggelam di Sungai Batanghari

Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021