Teknik yang dia gunakan untuk mengibaskan bola melewati kiper sungguh istimewa
Jakarta (ANTARA) - Pemain termahal Tottenham Hotspur Tanguy Ndombele menciptakan gol ajaib untuk memastikan kemenangan 3-1 timnya dari klub papan bawah Liga Premier Sheffield United, Minggu malam.

Spurs baru saja menyaksikan keunggulan mereka berkat gol Serge Aurier dan Harry Kane ditipiskan oleh sundulan David McGoldrick ketika Ndombele memasukkan bola dengan tendangan lob yang mempesona.

Itu merupakan gol tepat waktu bagi tim asuhan Jose Mourinho saat upaya McGoldrick menghidupkan kembali kenangan buruk Spurs yang kerap harus kehilangan poin saat mereka dalam posisi hendak memenangkan laga selama musim ini.

Baca juga: Mourinho: pemain Spurs punya hasrat kuat untuk akhiri paceklik gelar

Namun demikian kali ini mereka tidak membuat kesalahan dengan mencatat kemenangan kedua mereka dalam tujuh pertandingan liga terakhir untuk beranjak naik ke posisi keempat, paling tidak sampai pertandingan Manchester City melawan Crystal Palace nanti.

Tottenham tampak mengendalikan laga pada babak pertama berkat sundulan Aurier dari tendangan sudut pada menit kelima dan penyelesaian klinis Kane menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-40.

Bagi Sheffield United, ini merupakan hasil yang mengecewakan setelah membukukan kemenangan pertamanya musim ini pekan ini dengan mengalahkan Newcastle United. Dengan hanya bisa mengemas lima poin dari 19 pertandingan, mereka berjarak 11 poin dari zona aman dan harapan terhindar dari degradasi pun menipis.

Tottenham memang mencatat kemenangan namun yang lebih istimewa adalah gol liga kelima Ndombele untuk Spurs.

Baca juga: Mourinho tak mau dipusingkan soal statistik penguasaan bola

Ketika Steven Bergwijn melepaskan umpan melengkung melewati pertahanan Sheffield, Ndombele bergerak menjauhi gawang di sisi kiri kotak penalti.

Sepertinya dia tidak mungkin bisa menciptakan gol tetapi dengan bagian luar kaki kanannya sambil membelakangi gawang, dia mencungkil bola kembali melewati dirinya sendiri untuk mengecoh kiper Aaron Ramsdale ke sudut jauh.

"Gol Tanguy itu luar biasa, teknik yang dia gunakan untuk mengibaskan bola melewati kiper sungguh istimewa," kata Kane yang menciptakan golnya yang ke-12 di liga musim ini, seperti dikutip Reuters.

Setelah lega bernafas karena mengalahkan Newcastle, Sheffield United bermain amat datar pada babak pertama.

Pertahanan mereka kelimpungan tatkala Aurier meneruskan umpan jarak dekat dari sepak pojok Son Heung-min dan mereka hampir kembali kebobolan setelah upaya gol Son menemui tiang gawang.

Baca juga: Sissoko dan Son antar Spurs ke final Piala Liga

Gol kedua Tottenham berasal dari kesalahan barisan belakang tuan rumah. Tottenham memenangkan bola dan Pierre-Emile Hojbjerg mengumpan bola kepada Kane yang tidak memiliki cukup ruang untuk melepaskan tembakan namun akhirnya mampu mengirimkan tendangan rendah mendatar yang tak bisa dihalau Ramsdale.

Tottenham sering dikecam karena sering berubah bermain hati-hati saat tengah unggul yang terakhir terlihat saat ditahan seri 1-1 oleh Fulham. Dan ketika McGoldrick menyambut umpan silang John Fleck untuk memperkecil kedudukan, kebiasaan Spurs itu tampaknya terjadi lagi.

Namun kali ini Ndomebele memastikan hal itu tidak terjadi.

Baca juga: Puncaki klasemen Liga Inggris, Solskjaer minta MU jangan cepat puas
Baca juga: Liga Inggris, varian baru dan setia bermasker
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool tergusur jelang Derbi Barat Laut

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021