Otoritas AS tangkap pejabat yang hendak memprotes pelantikan Biden

Otoritas AS tangkap pejabat yang hendak memprotes pelantikan Biden

Polisi Capitol mengamankan wilayah sekitar menjelang pelantikan Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden, di Washington, Amerika Serikat, Sabtu (16/1/2021). REUTERS/Eduardo Munoz/FOC/djo.

Washington (ANTARA) - Kementerian Kehakiman Amerika Serikat (AS) menyatakan, Minggu (17/1), bahwa pihaknya telah menangkap seorang pejabat dari negara bagian New Mexico yang berjanji akan ke Washington membawa senjata api untuk memprotes pelantikan Presiden Terpilih Joe Biden.

Pria bernama Cuoy Griffin, komisioner di sebuah county di New Mexico juga pendiri kelompok "Cowboys for Trump", ditangkap di Washington atas tuduhan terkait dengan penyerangan Gedung Capitol pada 6 Januari lalu, demikian menurut dokumen yang diunggah di situs kementerian.

Griffin merupakan satu dari ribuan orang massa aksi yang menyerbu Gedung Capitol sebagai upaya mereka menghentikan Kongres mengesahkan kemenangan Biden atas Presiden Donald Trump dalam pemilu 3 November 2020, menurut dokumen dakwaan.

Dalam aksi itu, Griffin berdiri di tangga namun tak memasuki gedung.

Otoritas menyebut bahwa Griffin kembali ke New Mexico usai kejadian tersebut. Ia kemudian berbicara, dalam sebuah rapat pada 14 Januari, bahwa dirinya berencana akan kembali lagi ke ibu kota dengan membawa senapan dan revolver untuk memprotes pelantikan Biden, Rabu (20/1) ini.

Namun belum diketahui apakah Griffin tengah membawa senjata api ketika ia ditangkap. Sejauh ini, ia didakwa karena secara sengaja masuk atau berada di dalam gedung atau di area terbatas tanpa izin otoritas.

Sumber: Reuters
Baca juga: Politico: Latihan pelantikan Biden ditunda karena masalah keamanan
Baca juga: Lady Gaga nyanyikan lagu kebangsaan AS di pelantikan Biden-Harris
Baca juga: Pence berjanji hormati sejarah AS, pastikan pelantikan Biden aman
Pewarta : Suwanti
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021