Jakarta (ANTARA) - Proses merger Fiat Chrysler Automobile (FCA) dan Peugeot SA (PSA) telah rampung dan kini keduanya resmi bergabung dalam perusahaan baru yang bernama Stellantis.

Merger diselesaikan produsen otomotif Prancis dan Amerika-Italia pada 16 Januari 2021. Saham Stellantis pun mulai diperdagangkan di bursa Milan, Italia hari ini, sedangkan di New York mulai 18 Januari ini dengan kode "STLA".

Seperti yang diumumkan sebelumnya, Dewan Direksi Stellantis terdiri dari dua direktur eksekutif, John Elkann (Ketua) dan Carlos Tavares (Kepala Eksekutif), menurut pernyataan Stellantis, dikutip Senin.

Baca juga: Carlos Tavares pimpin Stellantis, hasil merger Fiat-PSA

Kemudian sembilan direktur non-eksekutif berikutnya, adalah Robert Peugeot (Wakil Ketua), Henri de Castries (Direktur Independen Senior, bertindak sebagai voorzitter di bawah hukum Belanda), Andrea Agnelli, Fiona Clare Cicconi, Nicolas Dufourcq, Ann Frances Godbehere, Wan Ling Martello, Jacques de Saint-Exupéry, dan Kevin Scott.

Dewan Direksi Stellantis juga telah menunjuk Komite Audit, Komite Remunerasi dan Komite Tata Kelola dan Keberlanjutan dengan komposisi sebagai berikut.

Komite Audit: Ann Godbehere (ketua), Wan Ling Martello dan Henri De Castries. Komite Remunerasi: Wan Ling Martello (ketua), Andrea Agnelli, Henri De Castries, Fiona Cicconi dan Robert Peugeot. Komite Tata Kelola dan Keberlanjutan: Henri De Castries (ketua), Andrea Agnelli, Fiona Cicconi, Nicolas Dufourcq dan Kevin Scott.

Stellantis bercita-cita untuk menjadi yang terbesar, sekaligus menciptakan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan serta komunitas tempat Stellantis beroperasi.

Dengan bergabungnya FCA dan PSA kemungkinan akan ada perubahan pada model yang akan dilanjutkan pengembangannya, sebaliknya mungkin akan ada model-model yang bakal dihentikan produksinya.

Baca juga: Fiat Chrysler produksi Jeep, Alfa Romeo listrik di Polandia

Baca juga: Fiat Chrysler investasi di Polandia untuk produksi Jeep dan Alfa Romeo

Baca juga: Fiat 500 hadir dengan Alexa Personal Assistant dari Amazon
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021