Makassar (ANTARA) - Bantuan logistik kemanusiaan yang didistribusikan PT Pegadaian Kantor Wilayah VI Makassar akhirnya tiba di Rumah BUMN untuk selanjutnya disalurkan ke kamp pengungsi korban gempa di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, pascagempa magnitudo 6,2 di Provinsi Sulawesi Barat, Jumat 15 Januari 2021.

"Saya mewakili warga Mamuju mengucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh Pegadaian," kata Penanggung jawab Posko BUMN di Kabupaten Mamuju, Agus Dwi saat dikonfirmasi, Senin.

Rumah BUMN, kata dia, disiapkan sebagai posko Siaga Bencana Gempa Bumi sekaligus dapur umum untuk penanganan pascagempa yang berdampak di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene. Bantuan yang diterima tersebut menempuh jalur darat.

"Bantuan yang kami terima hari ini, akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat luas, semoga Mamuju bisa segera pulih kembali," ujarnya.

Baca juga: Disdikbud Sulbar: 59 sekolah di tiga kabupaten rusak terdampak gempa

Baca juga: Pemprov Sulbar tunda agenda vaksinasi COVID-19


Sementara Pemimpin Wilayah PT. Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah VI Makassar, Zulfan Adam, menyebutkan bahwa penyaluran bantuan ke daerah terdampak merupakan prioritas sejak gempa bumi terjadi.

Dampak musibah itu kata dia, menyebabkan 81 warga meninggal dunia dan ribuan warga lainnya kehilangan tempat tinggal. Sebagai bentuk kepedulian, Pegadaian Kanwil VI Makassar menyerahkan secara langsung Bantuan Bina Lingkungan Masyarakat Terdampak Bencana pada titik-titik pengungsian di kabupaten terdampak.
 
Tim Peduli Kemanusiaan PT Pegadaian Kantor Wilayah VI Makassar, Sulawesi Selatan berpose usai menyerahkan bantuan logistik di Rumah BUMN, kota Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (18/1/2021). FOTO/HO/Humas Pegadaian Makassar.


Bantuan yang dikirimkan itu adalah 110 kantong beras berukuran 5 kilogram, 30 karung beras berukuran 10 kilogram, 60 kardus mie instan, 100 bungkus makanan kaleng, 133 bungkus roti, 21 buah selimut berukuran 150 centimeter.

Selanjutnya, 20 lembar tikar berukuran besar dan 10 lembar tikar berukuran kecil. Serta makanan untuk bayi beserta obat-obatan yang diperlukan.

"Hari ini tim dari Pegadaian Kanwil VI Makassar sudah sampai di Mamuju setelah sebelumnya menyerahkan bantuan di Majene. Ini adalah bentuk dukungan kami kepada korban bencana gempa serta memastikan bahwa mereka tidak sendiri dalam menghadapi musibah ini, " ujar Zulfan.

Dampak bencana gempa bumi di Sulawesi Barat juga menyebabkan Kantor Cabang Pegadaian di Mamuju mengalami kerusakan. Sementara enam outlet lain masih berstatus tutup sementara sembari menunggu situasi kondusif.*

Baca juga: Saatnya Sulteng bantu pemulihan penyintas gempa Sulbar

Baca juga: TNI AL distribusikan bantuan untuk warga Pulau Karampuang Sulbar

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021