Anggota DPR Gatot Sudjito meninggal dunia akibat COVID-19

Anggota DPR Gatot Sudjito meninggal dunia akibat COVID-19

Tangkapan layar ucapan duka cita pada akun Instagram Dewan perwakilan Rakyat (DPR) RI. ANTARA/HO-Instagram dpr_ri/VFT.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi V dari Partai Golkar, Gatot Sudjito yang dirawat di Kota Malang, Jawa Timur dilaporkan meninggal dunia akibat terpapar COVID-19, Senin (18/1).

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas RSUD Saiful Anwar Malang Dony Iryan Vebry Prasetyo mengatakan sebelum ditangani oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Malang, almarhum dirujuk dari Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang.

"Beliau semalam dirujuk dari RS UMM dan masuk di ICU kita. Pagi tadi meninggal dunia," kata Dony saat dikonfirmasi di Kota Malang, Senin.

Baca juga: Anggota Badan Legislatif DPR Ali Taher meninggal dunia

Baca juga: Anggota DPR F-Gerindra meninggal terinfeksi COVID-19


Almarhum yang merupakan anggota komisi V DPR tersebut, dilaporkan meninggal dunia kurang lebih pada pukul 03.00 WIB pada Senin. Kondisi Ketua Pokok dan Fungsi Fraksi Partai Golkar di Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR tersebut, sudah kritis saat di RSUD Saiful Anwar.

Dony menjelaskan almarhum pada saat dirujuk ke RSUD Saiful Anwar Malang langsung ditangani di Intensive Care Unit (ICU) pada instalasi Incovid. Almarhum, harus menggunakan ventilator karena kondisinya kritis.

"Kondisinya kritis saat masuk ICU dan harus menggunakan ventilator," kata Dony.

Berdasarkan catatan, almarhum Gatot Sudjito merupakan anggota DPR kelima yang meninggal akibat terpapar virus yang pertama kali merebak di Wuhan, China itu. Anggota DPR yang pertama kali dilaporkan meninggal dunia akibat COVID-19 adalah anggota Komisi X dari fraksi PDIP Imam Suroso pada Maret 2020.

Kemudian, anggota dari Fraksi Partai Gerindra Soepriyanto meninggal pada Oktober 2020, anggota DPR Komisi VIII Ali Parasong pada 3 Januari 2021, dan anggota Komisi V DPR Fraksi PDIP Bambang Suryadi pada 4 Januari 2021.

Baca juga: Anggota DPR-RI dapil Sultra Imran meninggal dunia

Baca juga: Anggota DPR RI meninggal di RSUP Kariadi berstatus PDP COVID-19


Di Kota Malang, hingga saat ini tercatat secara keseluruhan ada 4.667 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari jumlah tersebut, 3.781 orang dilaporkan telah sembuh, 432 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya masih dalam perawatan.

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021